Panduan Praktis untuk Kulit Awet Muda: 7 Kebiasaan Mudah Meningkatkan Produksi Kolagen

Marwahkepri.com – Kolagen memegang peranan kunci dalam menjaga kulit dan wajah agar tetap terlihat muda. Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang memberikan volume pada kulit, menjadikannya halus dan bebas kerut.

Sejumlah faktor, seperti paparan polusi dan sinar ultraviolet (UV) matahari, dapat memecah kolagen. Selain itu, proses penuaan juga berkontribusi pada produksi kolagen alami dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan produksi kolagen, seperti dilaporkan oleh Everyday Health.

Manfaatkan Skincare dengan Retinol atau Bakuchiol

Retinol, turunan vitamin A, dapat meningkatkan regulasi gen yang terlibat dalam produksi kolagen. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan perbaikan pada kerutan setelah penggunaan retinol selama 12 pekan.

Jika retinol terlalu keras untuk kulit Anda, bakuchiol adalah alternatif yang lebih ringan. Bakuchiol merangsang pergantian sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen, cocok untuk kulit sensitif.

Oleskan Serum Vitamin C

Rutin mengoleskan serum vitamin C di pagi hari. Vitamin C adalah senyawa antioksidan yang melindungi kolagen dari kerusakan akibat sinar UV.

Vitamin C juga dapat memicu pembentukan kolagen dan menstabilkan protein kolagen di kulit.

Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar UV dapat merusak kolagen, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan spektrum luas melindungi kulit dari kerusakan ini.

Penting untuk mengoleskan ulang tabir surya setiap dua jam, terutama saat terpapar sinar matahari secara intens.

Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Asupan protein tanpa lemak, seperti ikan, makanan laut, dan dada ayam tanpa kulit, penting dalam menjaga kolagen. Makanan berprotein tinggi mengandung asam amino esensial yang mendukung sintesis kolagen.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Pola makan tinggi gula dapat mendorong pembentukan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang dapat merusak kolagen. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis tambahan.

Pakai Topi Saat di Luar Ruangan

Topi bukan hanya sebagai atribut gaya, tetapi juga melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih yang dapat merusak kolagen.

Pilih topi bertepi lebar dengan pinggiran minimal 7 sentimeter yang terbuat dari bahan tenun rapat.

Bergerak

Aktivitas fisik tidak hanya menjaga tubuh tetap bugar, tetapi juga mendukung kulit agar tetap awet muda. Aktivitas fisik menjadi faktor penting dalam memperlambat proses penuaan.

 

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f