Sensasi Pedas Tersembunyi: Cabai dan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

Ilustrasi. (F: Net)

Marwahkepri.com – Siapa yang bisa menolak kegilaan sensasi pedas dari cabai? Selain memberikan kelezatan rasa pedas yang khas, cabai juga membawa sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Cabai tak hanya tentang rasa pedas semata. Menurut Healthline, 1 sendok makan cabai merah mentah mengandung berbagai nutrisi esensial. Sebagai contoh, terdapat kalori sebanyak 6, 88% air, 0,3 gram protein, 1,3 gram karbohidrat, 0,8 gram gula, 0,2 gram serat, dan 0,1 gram lemak. Tidak hanya itu, cabai juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin K1, Kalium, Tembaga, dan Vitamin A.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang menarik dari konsumsi cabai, seperti yang dilansir dari WebMD:

Mempercepat Pemulihan Saat Sakit

Capsaicin, senyawa dalam cabai, terbukti meredakan nyeri dengan mengikat reseptor nyeri. Konsumsi cabai secara teratur dapat membantu mengatasi nyeri, termasuk nyeri pada lambung akibat asam lambung.

Penurunan Berat Badan

Capsaicin dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Studi menunjukkan bahwa konsumsi cabai dapat meningkatkan pembakaran lemak pada pria dan wanita.

Kesehatan Jantung

Capsaicin dalam cabai memiliki efek antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun terkait dengan rasa pedas, cabai tidak berkontribusi pada penyakit asam lambung yang sebenarnya.

Rasakan sensasi pedas yang bermakna dengan menambahkan cabai ke dalam pola makan sehari-hari Anda, tidak hanya untuk kenikmatannya, tetapi juga untuk manfaat kesehatan yang luar biasa.