Rahasia Kesehatan Tersembunyi dalam Ubi Jalar yang Mudah Dimasak

Ubi Jalar (F: Ist)

Marwahkepri.com  -Ubi jalar tidak hanya lezat, tetapi juga dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesehatan jantung. Memasak ubi jalar pun cukup sederhana, seperti merebus atau memanggang di atas api gas. Times of India merangkum sejumlah alasan mengapa konsumsi ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan jantung:

Sumber Serat yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol

Ubi jalar kaya akan serat, baik yang larut maupun tidak larut. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat partikel kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung.

Kaya Potasium yang Mendukung Kesehatan Jantung

Potasium dalam ubi jalar berperan penting dalam mengatur tekanan darah. Asupan potasium yang cukup membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko hipertensi.

Kandungan Vitamin untuk Perlindungan Arteri

Ubi jalar mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang melindungi arteri dari kerusakan. Antioksidan juga membantu mengurangi peradangan, faktor penyebab penyakit jantung.

Beta-Karoten untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Warna oranye pada ubi jalar berasal dari beta-karoten, prekursor vitamin A. Beta-karoten, sebagai antioksidan, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sifat Anti-Inflamasi yang Membantu Redakan Peradangan

Senyawa anti-inflamasi dalam ubi jalar dapat membantu mengurangi peradangan kronis, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Indeks Glikemik Rendah untuk Mengelola Gula Darah

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah, membantu mengelola kadar gula darah. Ini secara tidak langsung mendukung kesehatan jantung, mengingat kadar gula darah yang stabil dapat mencegah kerusakan pada sistem kardiovaskular.