IFRAME SYNC

Rahasia Kesehatan Tersembunyi dalam 10 Sayuran Pilihan Ini

Ilustrasi. (Foto: Net)

Marwahkepri.com – Sayuran memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Mereka adalah sumber nutrisi esensial yang diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh secara optimal.

Sayuran menyediakan vitamin dan mineral penting yang mendukung berbagai fungsi tubuh, mulai dari penglihatan hingga kesehatan tulang.

Berikut adalah 10 sayuran dengan kandungan nutrisi tertinggi yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau kaya nutrisi, termasuk kalsium, vitamin, zat besi, dan antioksidan. Sayuran ini cocok untuk diet vegetarian atau vegan karena mengandung zat besi dan kalsium. Bayam juga memberikan vitamin K, A, C, magnesium, folate, dan antioksidan yang baik untuk tulang, energi, otot, tekanan darah, dan kesehatan jantung.

2. Kale

Kale adalah sayuran hijau rendah kalori dan kaya vitamin A, C, dan K. Ini bermanfaat bagi orang dengan kolesterol tinggi. Studi menunjukkan bahwa jus kale dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kale juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang mengandung vitamin K dan dua kali lipat vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh dalam satu porsi. Beberapa senyawa dalam brokoli juga dapat membantu mencegah kanker dan melindungi sel.

4. Kacang Polong

Kacang polong dan kacang-kacangan lainnya adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Sayuran ini mengandung serat baik untuk pencernaan dan saponin yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kanker. Satu porsi kacang polong yang dimasak mengandung 134 kalori, 9 gram serat, 9 gram protein, serta vitamin A, C, K, dan vitamin B.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar cocok bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat untuk mengatur gula darah. Ubi jalar panggang juga kaya vitamin A, C, B6, dan kalium yang bermanfaat untuk mata, kesehatan jantung, dan regulasi gula darah.

6. Wortel Wortel berisi lebih dari empat kali asupan harian vitamin A dalam bentuk beta karoten. Vitamin A penting untuk penglihatan dan mencegah kehilangan penglihatan. Nutrisi dalam wortel juga dapat membantu melawan kanker.

7. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang membantu mencegah kanker prostat, serta beta karoten yang melawan kanker. Antioksidan lainnya dalam tomat, seperti lutein dan zeaxanthin, melindungi penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

8. Kubis Merah

Kubis merah adalah sayur hasil silangan yang kaya antioksidan. Satu porsi kubis merah mentah mengandung serat dan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Kubis merah juga mengandung antosianin yang dapat membantu mengatasi stres oksidatif dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

9. Bit

Bit mengandung nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi bit juga dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja tubuh.

10. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengatur gula darah dan kesehatan jantung. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan lemak perut, tekanan darah, dan kadar trigliserida serta meningkatkan resistensi insulin, berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2.(mk/cnn)

 

 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f