IFRAME SYNC

Menggali Fakta Menarik Tentang Buah Mangga dan Manfaatnya untuk Kesehatan”

Buah Mangga. (Foto: mart)

(MARWAHKEPRI.COM) – Mangga adalah salah satu buah yang sangat disukai banyak orang, dan hal ini tidak terlepas dari rasa lezat dan manisnya. Selain itu, kemudahan dalam pengolahan mangga menjadi berbagai hidangan membuatnya semakin diminati.

Namun, selain kelezatannya, buah mangga juga memiliki sejumlah fakta menarik terkait kesehatan yang perlu kita ketahui. Mari kita bahas beberapa fakta menarik ini lebih lanjut:

Memahami Kandungan Nutrisi Mangga

Kebanyakan orang menggemari mangga tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kandungan gizinya yang kaya. Sebagai gambaran, satu cangkir mangga segar dengan berat sekitar 165 gram dapat memberikan berbagai nutrisi penting, termasuk:

Kalori: 99 kkal.

Protein: 1,4 gram.

Karbohidrat: 24,7 gram.

Lemak: 0,6 gram.

Serat: 2,6 gram.

Gula: 22,5 gram.

Vitamin C: 67 persen dari angka kebutuhan harian (DV).

Tembaga: 20 persen dari DV.

Folat: 18 persen dari DV.

Vitamin B6: 12 persen dari DV.

Vitamin K: 6 persen dari DV.

Niasin: 7 persen dari DV.

Kalium: 6 persen dari DV.

Vitamin A: 10 persen DV.

Vitamin E: 10 persen dari DV.

Riboflavin: 5 persen dari DV.

Magnesium: 4 persen dari DV.

Tiamin: 4 persen dari DV.

Dari gambaran ini, satu cangkir (165 gram) mangga segar dapat menyediakan hampir 67 persen dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, serta pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tubuh.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber yang baik untuk mineral seperti tembaga dan folat. Folat, khususnya, sangat penting selama masa kehamilan karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada janin.

Fakta Menarik tentang Buah Mangga untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kesehatan yang perlu diketahui tentang buah mangga:

Menjaga Kesehatan Pencernaan: Mangga mengandung senyawa amilase dan serat makanan yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa amilase membantu melarutkan makanan dalam perut dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Imunitas Tubuh: Mangga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama vitamin A yang dapat mengurangi risiko infeksi. Vitamin C pada mangga juga membantu dalam meningkatkan sel darah putih yang berperan dalam melawan penyakit.

Kaya akan Senyawa Tanaman Sehat: Mangga mengandung banyak polifenol, yang merupakan senyawa tumbuhan berperan sebagai antioksidan dalam melindungi tubuh. Buah ini memiliki lebih dari selusin jenis senyawa tumbuhan yang berbeda, semuanya memiliki manfaat kesehatan.

Potensi Antikanker: Mangga mengandung polifenol yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang berhubungan dengan berbagai jenis kanker. Kandungan polifenol dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Pengaturan Gula Darah: Meskipun mangga memiliki gula alami yang tinggi, mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat dapat membantu mengatur gula darah. Kandungan vitamin C dan karotenoidnya membantu mencegah penyakit gula.

Menjaga Kesehatan Jantung: Mangga mengandung magnesium dan kalium, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Mangiferin, sejenis antioksidan dalam mangga, juga berkontribusi pada kesehatan jantung dengan melindungi sel-sel jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat untuk Kesehatan Mata: Mangga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang mendukung kesehatan mata dengan melindungi dari radiasi cahaya biru dan menjaga kualitas penglihatan. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A yang baik untuk mata.

Itulah beberapa fakta menarik tentang buah mangga dan manfaatnya untuk kesehatan. Penting untuk mengonsumsi mangga secara seimbang dalam diet kita untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa mengkonsumsinya secara berlebihan.

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f