IFRAME SYNC

Manfaat Luar Biasa Dedaunan Sebagai Lalapan, Mengapa Makan Sayuran Ini Baik untuk Kesehatan Anda

Ilustrasi. Daun Kemangi (Foto: Halodoc)

Jakarta (MARWAHKEPRI.COM) – Dedaunan yang sering digunakan sebagai lalapan dalam hidangan khas Nusantara memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain meningkatkan kenikmatan saat makan, lalapan, yang pada dasarnya termasuk dalam kategori sayur-mayur, juga kaya serat dan vitamin.

Biasanya, lalapan terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti daun kemangi, daun singkong, selada, mentimun, terong, kol, dan leunca. Selain nikmat, lalapan juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa dedaunan khusus yang sering digunakan sebagai lalapan dan manfaat kesehatan yang terkait:

Daun Kemangi
Kemangi adalah salah satu lalapan yang sangat populer. Selain rasanya yang enak saat disantap dengan sambal, daun kemangi juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kemangi diketahui mampu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Selain itu, penelitian di Swiss Federal Institute of Technology menunjukkan bahwa kemangi mengandung (E)-beta-caryophyllene (BPC) yang berpotensi mengobati radang sendi dan radang usus.

Daun Pegagan
Daun pegagan, juga dikenal sebagai antanan, memiliki manfaat mengobati luka ringan dan mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti eksim, infeksi pernapasan, pilek, kelelahan, demam, dan asma.

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan pegagan sebagai obat.

Daun Pohpohan
Pohpohan memiliki aroma yang khas seperti mint dan kaya akan kalsium, baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Kalsium dalam pohpohan juga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengurangi gejala PMS, dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Daun Selada
Selada kini juga sering dijadikan lalapan. Sayuran ini kaya serat dan rendah kalori, cocok untuk membantu dalam penurunan berat badan atau pengendalian berat badan.

Mengonsumsi selada yang tinggi serat dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan energi total, dan mencegah penambahan berat badan.

Daun Singkong
Daun singkong tidak hanya enak disayur tetapi juga cocok sebagai lalapan. Sayuran ini kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat, yang memberikan banyak manfaat.

Daun singkong diklaim dapat mengatasi diare, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi radang sendi, meningkatkan kekuatan tulang, mencegah infeksi bakteri, mengoptimalkan energi, melancarkan pencernaan, bahkan menurunkan kadar kolesterol.

 

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f