IFRAME SYNC

Penuaan Dini dan Kulit, Dampak Negatif Kurang Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi. ( Foto: HonestDocs)

Jakarta (Marwahkepri.com) – Sama halnya dengan bernapas, makan, dan minum, tidur juga memegang peranan penting dalam kesehatan seseorang. Kebutuhan tidur tidak dapat dihilangkan begitu saja, karena dapat menimbulkan berbagai macam dampak bagi kesehatan. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki fisik maupun mental, sehingga saat bangun seseorang akan merasa segar dan bertenaga.

Namun, saat seseorang tidak cukup tidur, banyak masalah kesehatan yang akan muncul, salah satunya adalah penuaan dini. Penuaan dini tidak hanya membuat penampilan seseorang menjadi terlihat lelah, tapi juga dapat membuat kulit tidak beregenerasi dengan baik. Ketika hal tersebut terjadi, kesehatan kulit pun perlahan akan menurun.

Penuaan dini lebih cepat datang pada mereka yang tidak cukup waktu tidur. Dalam hal ini, sebaiknya kamu lebih berhati-hati, ya! Pasalnya, kurang tidur dapat menimbulkan beberapa efek penuaan dini pada kulit wajah, seperti:

1. Mengurangi Kelembapan Kulit: Tidur malam hari tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, kulit pun memerlukan kegiatan yang satu ini. Apalagi setelah seharian kamu beraktivitas di luar rumah, kulit dapat terpapar polusi dan sinar matahari. Tidur yang cukup diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap ternutrisi dan baik, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Ketika kurang tidur, elastisitas kulit perlahan akan menurun dan kamu akan menjadi mudah keriput.

2. Wajah Terlihat Lebih Tua: Waktu tidur yang tidak sesuai akan membuat seseorang lebih terlihat lebih tua 10 tahun dari usia sebenarnya. Mengapa demikian? Tidur akan membentuk kolagen yang membuat kulit terjaga elastisitasnya. Jika seseorang mengalami gangguan tidur, produksi kolagen akan menurun, sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Dengan begitu, kulit akan muncul kerutan lebih cepat.

3. Masalah Jerawat: Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi terasa lebih lelah dari biasanya. Jika sudah begitu, tubuh akan memicu keluarnya hormon stres karena kelelahan. Jika hormon kortisol sudah diproduksi oleh tubuh, akan muncul sejumlah masalah kesehatan kulit, seperti komedo dan jerawat. Jadi, jangan heran jika muncul banyak jerawat ketika kurang tidur, ya! Karena hal ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan produksi minyak.

4. Kulit Terlihat Kusam: Selain terlihat selalu lelah, kulit akan menjadi lebih kusam karena kurang tidur. Kurang tidur tak hanya melemahkan sistem kekebalan tubuh saja, tapi juga menurunkan produksi kolagen dan hyaluronic acid yang dapat membuat wajah jadi tampak kusam.

5. Munculnya Kantung Mata: Pembuluh darah dan lapisan lemak pada bagian bawah mata hanya mempunyai sedikit lapisan lemak. Tak hanya sedikit lemak, kolagen yang ada di lapisan kulit ini juga sangat halus dan tipis. Jika kamu kurang tidur, pembuluh darah di area tersebut akan melebar dan membuat mata menjadi menghitam. Hal tersebut merupakan awal mula dari mata panda.

Meskipun terlihat sepele, kebutuhan tidur tidak dapat dilewatkan begitu saja. Apalagi bagi mereka yang memiliki sejumlah masalah kesehatan.(mk/halodoc)

 

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f