IFRAME SYNC

Perseroda Siap Bawa Kemajuan Ekonomi di Kepulauan Anambas

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab Anambas, Ody Karyadi (tengah) ditemui usai rapat, Senin (11/9/2023). (Foto: darwin)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar rapat Senin (11/9/2023) bertempat di Ruang Rapat Media Center Lantai II Kantor Bupati Kepulauan Anambas.

Agenda utama rapat ini adalah pemaparan rencana bisnis PT. Anambas Sejahtera (Perseroda) untuk periode tahun 2023 hingga 2027.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas, Ody Karyadi, menyampaikan bahwa pemaparan rencana bisnis yang disampaikan oleh Direksi PT. Anambas Sejahtera lebih terfokus pada bidang perdagangan umum dan jasa ekspedisi.

“Hasil pemaparan rencana bisnis ini memberikan kami, pemerintah daerah, masukan yang berharga terkait strategi pengelolaan bisnis ke depan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Perseroda ini bergerak dalam pengelolaan pasar, perdagangan umum, dan jasa ekspedisi sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kepulauan Anambas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perusahaan Perseroan Daerah Anambas Sejahtera.

“Dalam rapat tadi, kami lebih fokus membahas perdagangan umum dan jasa ekspedisi. Adapun pengelolaan pasar, kami masih yang mengelolanya saat ini. Hal ini disebabkan oleh kepedulian kami terhadap kondisi masyarakat saat ini. Kami lebih mementingkan pelayanan daripada bisnis dalam hal ini,” jelasnya.

Perlu dicatat bahwa PT. Anambas Sejahtera awalnya adalah Perusahaan Daerah (Perusda) yang didirikan pada tahun 2012 dan beroperasi hingga tahun 2017.

“Sayangnya, setelah tahun 2017, perusahaan ini mengalami kerugian dan memiliki utang kepada pihak ketiga, yang kemudian menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” ungkapnya.

Seiring dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas mengusulkan perubahan status Perusda Anambas Sejahtera menjadi Perseroda.

Ody Karyadi menekankan bahwa dalam pemaparan rencana bisnis PT. Anambas Sejahtera (Perseroda), manajemen risiko menjadi hal yang sangat penting.

“Dalam rencana bisnis, manajemen risiko yang kuat harus menjadi bagian integral. Bisnis bisa menjadi topik utama, namun manajemen risiko yang baik juga harus diperhatikan,” tegasnya.

Dengan pendekatan yang lebih berhati-hati terhadap risiko dan strategi yang cermat, diharapkan Perseroda akan mampu mengatasi tantangan yang dihadapi dan memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Anambas. MK-darwin

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f