IFRAME SYNC

Ternyata Ada Buronan Kakap China di Jaringan Love Scamming Batam

Pihak kepolisian kembali menangkap 42 orang Warga Negara (WN) China di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Selasa (5/9/2023). (Foto: BatamPos)

BATAM (marwahkepri.com) – Tim kepolisian berhasil menangkap buronan kakap yang paling dicari kepolisian China dalam penangkapan WNA China di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Selasa (5/9/2023) lalu.

“Hasil pemeriksaan Ditreskrimsus dan Interpol dan Polisi China diketahui WNA atas nama Lin Yin Xiang merupakan DPO paling dicari oleh kepolisian China,” jelas Dirkrimsus Polda Kepri Kompol Nasriadi dalam konferensi pers di Mapolda Kepri, Rabu (6/9/2023).

Nasriadi menerangkan, Lin Yin Xiang menurut data kepolisian China merupakan salah satu otak pelaku kasus love scamming. Lin Yin Xiang memiliki peranan penting yakni mengatur dan mengkoordinir para WNA tersebut.

“Yang paling berharga dalam penangkapan ini adalah penangkapan pelaku Lin Yin Xiang. Ia merupakan otak pelaku. Ia pimpinan dalam komplotan ini. Awalnya tidak menyangka, setelah dilihat ciri-ciri yang bersangkutan memang benar adalah orang yang dicari,” ujarnya.

“Jadi total WNA asal China pelaku love scamming dari dua pengungkapan ini ada sebanyak 132 orang. Dengan rincian 13 perempuan dan 119 orang laki-laki. Sebanyak 90 orang penangkapan pertama dan 42 orang di penangkapan kedua,” ujarnya.

Nasriadi menyebut pihaknya masih melakukan pengejaran pelaku lain kejahatan love scamming. Pihaknya menduga masih ada WNA asal China yang bersembunyi di wilayah Kepri.

“Kami beberapa hari ini kami terus melakukan pengembangan. Bagi mereka yang masih ada di luar, masih kita cari, kita berharap agar menyerahkan diri. Kepada Polda Kepri, atau polsek polres terdekat,” ujarnya. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f