IFRAME SYNC

Tanjungpinang Fest 2023 di Kota Lama Hidupkan Kembali Pariwisata

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menghadiri malam puncak sekaligus penutupan Festival Kopi Merdeka 2023 pada Minggu (27/8/2023) malam. (Foto: kepriprov)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Event pariwisata Tanjungpinang Fest 2023 resmi dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di area pelataran Jl. Merdeka, Kota Lama Tanjungpinang, Sabtu (26/8/2023).

Tanjungpinang Fest 2023 sendiri merupakan rangkaian acara yang digelar mulai dari 24 sampai 27 Agustus 2023. Acara yang diselaraskan dengan event Festival Kopi Merdeka, Gebyar Melayu Pesisir dan Festival Budaya ini semakin menambah semarak event nusantara dan menjadi hiburan serta daya tarik bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang Fest 2023 sendiri masuk dalam KEN (Kharisma Event Nusantara) yang merupakan program kegiatan resmi dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Di Provinsi Kepulauan Riau hanya ada dua daerah yang masuk dalam agenda KEN yakni Kota Tanjungpinang dengan Tanjungpinang Fest dan Kabupaten Bintan dengan Bintan Culture Festival yang akan diselenggarakan September mendatang.

Sementara itu Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dra.Oneng Setya Harini,M.M menjelaskan bahwa kegiatan Tanjungpinang Fest merupakan kegiatan kolaborasi yang luar biasa. Apalagi Tanjungpinang Fest salah satu kegiatan yang masuk dalam Kharisma Event Pariwisata. Dimana pada tahun 2023 ini ada 800 daerah yang mengusulkan namun hanya 100 kegiatan yang dapat dilaksanakan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kota Tanjungpinang yang telah menjadi tuan rumah (pelaksana) kegiatan pariwisata yang baik. Tanjungpinang memiliki potensi luar biasa mulai dari alam, budaya dan kreatifitas pelaku seninya. Semoga kegiatan ini dapat mendorong ekonomi masyarakat,” ungkap Oneng.

Lebih lanjut Oneng berharap melalui momentum event Tanjungpinang Fest 2023 ini para pelaku seni budaya, ekonomi kreatif dan stakeholder yang lain dapat menampilkan eksistensi dan meraih apresiasi di tengah masyarakat. Ia berharap agar kedepan kegiatan seperti ini dapat lebih banyak diadakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menghadiri malam puncak sekaligus penutupan Festival Kopi Merdeka 2023 pada Minggu (27/8/2023) malam.

Gubernur Ansar pun berkesempatan menyerahkan langsung hadiah pemenang lomba band, vokal grup, Merdeka Fashion Week, lomba foto instagram dan video pendek, kemudian menyerahkan plakat kepada inisiator Festival Kopi Merdeka dan Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker, juga ikut serta bersulang 1000 cangkir kopi bersama masyarakat.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Kopi Merdeka tahun 2023 ini sempena bulan kemerdekaan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan acara tersebut. Ia menilai bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya yang berkembang di Kepri sejak dahulu kala dan menjadi modal untuk terus mempertahankan keberagaman dalam bingkai persatuan.

“Semoga kegiatan ini tetap berkelanjutan di tahun-tahun mendatang, serta menjadi ikon dalam dunia pariwisata Kepri. Ingatlah bahwa potensi sumber daya alam dapat habis dan terkikis tetapi potensi pariwisata dan budaya dapat berkembang dan lestari,” ujar Gubernur Ansar.

Ia juga mengucapkan terima kasih khususnya bagi warga masyarakat Kota Tanjungpinang yang telah memberikan dukungan penuh dalam upaya merevitalisasi Kota Tanjungpinang ini sebagai ibukota provinsi Kepulauan Riau.

“Mari kita bersihkan kota Tanjungpinang ini sebersih-bersihnya, jangan ada rumput-rumput liar di tepian jalan, jangan ada baliho-baliho yang berserakan tanpa diatur oleh pemerintah daerah dengan baik karena kota ini harus menjadi kota kecil yang indah cantik dan dirindukan oleh siapapun,” ajak Gubernur Ansar.

Kota Lama jalan Merdeka Tanjungpinang sendiri telah =disulap oleh Gubernur Kepri HAnsar Ahmad menjadi sedemikian cantik, estetik dan terkesan heritage, serta layak menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat kota Tanjungpinang.

Ketika hari berganti malam, warna-warni lampu menghias indah, dan membuat kesan kota lama semakin menjadi lebih mempesona. Goresan pural juga tampak terukir rapi disudut dinding ruko di jalan merdeka menambah daya tarik tersendiri.

Dengan cantiknya kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang ini diharapkan tak hanya menunjang pertumbuhan ekonomi di kota Tanjungpinang dan meningkatkan pariwisata di ibukota Provinsi Kepri. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f