IFRAME SYNC

Pimpin Rapat Antisipasi El Nino, Ini Pesan Bupati Anambas

Bupati Abdul Haris memimpin rapat koordinasi untuk mengantisipasi potensi dampak dari fenomena El Nino dan cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (25/8/2023). (Foto: humas)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris memimpin rapat koordinasi untuk mengantisipasi potensi dampak dari fenomena El Nino dan cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 2 pada Jumat (25/8/2023) itu dihadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), instansi vertikal, Asisten I, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

El Nino, yang mengacu pada pemanasan suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah hingga timur, merupakan fenomena alam yang memiliki dampak luas dalam skala global. Negara-negara di kawasan Amerika Latin, seperti Peru misalnya, kerap mengalami peningkatan curah hujan saat terjadi El Nino.

Namun, di Indonesia, dampaknya cenderung berupa kondisi kering dan berkurangnya curah hujan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Abdul Haris menekankan pentingnya koordinasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi dampak El Nino dan kondisi cuaca ekstrem.

“Oleh karena itu, perlunya kesiapsiagaan kita dalam menghadapinya serta langkah-langkah yang harus kita lakukan,” katanya.

Bupati juga tak lupa mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama para petani dan nelayan, untuk senantiasa berhati-hati dan waspada menghadapi dampak yang mungkin timbul akibat El Nino.

“Perlu kita himbau, kita jaga agar masyarakat kita yang berkebun tetap waspada saat membakar sehingga tidak terjadi kebakaran lahan,” tuturnya.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan langkah-langkah antisipatif dapat segera dilaksanakan guna mengurangi potensi dampak negatif dari fenomena El Nino dan cuaca ekstrem di Kabupaten Kepulauan Anambas. MK-darwin

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f