IFRAME SYNC

Jelang GTRA Summit 2023, Ansar Perintahkan Mobilisasi Tamu Sebaik Mungkin

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad memimpin rapat lanjutan persiapan pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023, Selasa (22/8/2023) malam. (Foto: kepriprov)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad memimpin rapat lanjutan persiapan pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 yang akan berlangsung di Kabupaten Karimun, Selasa (22/8/2023) malam.

Rapat diselenggarakan dalam rangka mematangkan persiapan, mendengarkan laporan dari penanggung jawab masing-masing agenda, serta merumuskan solusi atas potensi kendala pada acara yang akan digelar dari 28 hingga 30 Agustus 2023 yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Dalam arahannya, Gubernur Ansar Ahmad menekankan bahwa persiapan acara harus serius dan sebaik mungkin walau belum ada kepastian kehadiran presiden. Ia juga berharap acara ini dapat meninggalkan kesan positif pada Provinsi Kepri sebagai tuan rumah.

“Karena acara berskala nasional dan dihadiri presiden, para menteri, kepala lembaga, serta gubernur provinsi lain, berkaca pada acara Hasiarnas dan Rakornas KPI 2023 yang lalu, kita harus bisa memberikan pelayanan terbaik dan menunjukkan kemajuan daerah kita,” ujar Ansar Ahmad di Gedung Daerah Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

Salah satu hal yang harus benar-benar disikapi adalah urusan mobilisasi tamu. Gubernur Ansar Ahmad meminta tiap OPD untuk menjaga agar tidak ada kesan negatif. Tidak hanya saat kedatangan namun hingga waktu pulang, tamu harus diurus dengan baik.

“Untuk para menteri, juga diatur, lebih baik bupati dan walikota yang menjemput dan mengantar sekaligus hadir disana. Sarana angkutan kapal, Kepri 1, Kepri 4, dan kapal-kapal milik pengusaha-pengusaha lain yang bisa dipakai agar diinventarisir,” kata Ansar Ahmad.

Ia juga menambahkan bahwa persiapan ini akan dirapatkan lagi secara internal. Semua OPD akan diberi instruksi khusus.

“Tinggal kita sempurnakan sembari mengupdate terus. Yang masih harus disimulasi urusan traffic, mobilisasi jika banyak kendaraan-kendaraan pribadi yang dipakai sebab traffic terbatas,” tuturnya.

Adapun rangkaian acara GTRA Summit 2023 Karimun dimulai pada 28 Agustus 2023 peserta berdatangan ke Karimun. Kemudian pada 29 Agustus 2023 dimulai pukul 13.00 WIB agenda pra rakor yang dipimpin Wamen ATR/BPN dan dilanjutkan welcome dinner di lokasi yang belum ditentukan.

Lalu pada 30 Agustus 2023 acara puncak rakor GTRA Summit 2023 di Hotel Aston, kemudian acara di Coastal Area seperti penyerahan sertifikat tanah, bantuan UMKM, BPJS untuk nelayan, peninjauan Expo, Kenduri Durian, Dialog Nelayan, Penanaman Mangrove hingga penutupan pada malam hari oleh Menteri ATR BPN.

Sebagai informasi, jumlah sertifikat tanah yang diserahkan sebanyak 10.668 sertifikat, dimana 2.035 penerima hadir langsung. Sementara itu jumlah peserta GTRA Summit sebanyak 255 yang terdiri dari DPR RI, kementerian/lembaga, ATR/BPN, gubernur dari provinsi lainnya, bupati dan walikota se-Kepri, Forkopimda Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun, serta CSO. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f