IFRAME SYNC

Nikmati Nikmatnya Berendam Air Belerang dengan Suasana Asri di Pemandian Air Panas Lingga

Pemandian Air Panas di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. (Foto: kab)

LINGGA (marwahkepri.com) – Ingin melepas lelah, sembari berendam air hangat dan menikmati atmosfir hutan yang sejuk lagi asri? Pemandian Air Panas di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga ini jawabannya.

Dari pusat kota Dabo Singkep, lokasi pemandian air panas ini tak begitu sulit dijangkau hanya berjarak 3 km. Pemandian air panas ini memiliki air mengandung belerang yang bening lagi bersih, lokasinya pun terlihat sangat asri.

Anehnya, pemandian air panas ini tidak berada di kaki atau lereng gunung seperti umumnya pemandian air panas di banyak tempat, melainkan berada di tengah-tengah hutan karet.

Areanya sendiri, tidak besar. Total luasnya sekitar 1.000 m2.

Bangunannya terdiri atas pondok- pondok terbuka yang dibuat dan kayu. Tersedia juga kamar ganti, dan toilet yang kondisinya lumayan bersih. Mushala serta kantin terletak hanya beberapa meter dari kolam pemandian.

Adapun kolam pemandiannya berluas kira-kira 6×6 meter. Terbagi atas tiga area. Satu kolam bersuhu rendah, satu kolam bersuhu sedang, dan satu yang lain bersuhu tinggi. Di pemadian ini, juga telah tersedia kolam yang khusus untuk anak-anak.

Khusus kolam yang bertemperatur tinggi, pengelola memberinya pagar besi setinggi satu meter. Pagar pemisah ini dimaksudkan sebagai tanda pemisah sehingga orang tidak salah memilih posisi kolam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pemandian ini adalah saat weekdays. Karena jumlah pengunjung saat hari-hari biasa tidak banyak, bahkan terkadang hanya ada tiga atau empat orang saja. Sehingga Anda bisa leluasa berendam tidak berbaur dengan banyak orang seperti halnya ketika akhir pekan atau pada saat hari-hari besar atau libur nasional.

Agar puas berendam, berangkatlah ke sana saat pagi dan pulang sore harinya. Atau sesekali coba berendam di sana malam hari. Pasti suasananya beda. Tapi sebaiknya tidak melakukannya karena areanya minim penerangan. Beberapa orang yang kerap mendatangi tempat ini menuturkan, waktu terbaik berendam adalah pada saat subuh hingga menjelang pagi. Rasanya beda dan dijamin memberi sensasi dan atmosfirnya tak biasa.

Pihak pengelola, membuka pemandian ini setiap hari. Setiap pengunjung yang akan masuk, dikenakan bea berbeda-beda.

Pengunjung menikmati Pemandian Air Panas. (Foto: net)

Untuk menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan pengunjung, pengelola mendirikan papan peringatan di lokasi pemandian. Beberapa diantaranya, melarang pengunjung membuang sampah sembarangan, menggunakan sabun mandi dan sampo. Termasuk mengimbau pengunjung agar hati-hati, terutama kalau membawa serta anak-anak berendam.

Satu lagi papan terpampang di sisi kiri kolam pemandian. Di antaranya berbunyi berbagai catatan tentang khasiat dan kegunaan berendam di air belerang.  Jamak diketahui, berendam di air belerang dalam temperatur tertentu diyakini mampu menghilangkan infeksi kulit, menyembuhkan flu dan sakit kepala, menyembuhkan rematik hingga menghilangkan stres.

Tak heran, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menetapkan Pemandian Air Panas ini sebagai salah satu kawasan strategis dan daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Luki Zaiman Prawira menyampaikan, adanya pemandian air panas alami ini menjadi keunikan sebagai daya tarik kunjungan wisata.

“Ini bisa menjadi pembeda adanya objek wisata yang ada di Kepri,” ujarnya.

Luki pun meminta, agar ada perhatian dari Pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan objek wisata itu.

“Termasuk peran masyarakat sekitar dengan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” sarannya.

Nah tunggu apa lagi? Siapkan kopermu dan liburan ke Kabupaten Lingga. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f