IFRAME SYNC

Gubernur Ansar Tetapkan Daya Tarik Wisata di Anambas, Wisatawan Wajib Tau

Pulau Temawan memiliki pasir pantai yang putih dan lembut. (Foto: net)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Wisatawan ingin merasakan serunya berenang dikelilingi penyu? Atau menikmati laut biru dengan garis pantai sepanjang 7 kilometer?

Nah, Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau punya spot favorit untuk menikmati keseruan ini.

Meski tak setenar Bali atau Flores, namun faktanya Anambas pernah terpilih sebagai kepulauan tropis terbaik di Asia versi CNN.

Dengan jumlah total pulau sekitar 255, mencakup 26 pulau yang telah dihuni dan 249 pulau yang masih kosong. Kepulauan Anambas juga merupakan kawasan konservasi sekaligus Taman Wisata Perairan (TWP).

Kepulauan Anambas identik dengan lautan dangkal dengan aneka terumbu karang, ikan hias, pantai pasir putih, dan pepohonan kelapa. Oleh wisatawan, sering disebut-sebut sebagai surga diving, snorkeling dan scuba diving.

Pulau-pulaunya yang masih alami sangat tepat jadi tujuan kita untuk merefresh kembali hati dan pikiran.

Nama Pulau Ayam diambil dari bentuk pulau yang sekilas menyerupai ayam. (Foto: net)

Untuk memudahkan wisatawan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah menetapkan destinasi pariwisata, kawasan strategis wisata dan daya tarik wisata Provinsi Kepri yang terletak di Kepulauan Anambas.

Gubernur Ansar menyebut pariwisata mempunyai peranan penting untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, memeratakan kesempatan berusaha dan optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah, mengangkat dan melindungi nilai-nilai budaya, agama, adat istiadat dan menjaga kelestarian alami.

“Bahwa dalam rangka pembangunan dan pengambangan pariwisata, diperlukan penentuan perwilayahan pariwisata dan daya tarik wisata agar pengembangan yang dilakukan dapat lebih terarah,” katanya di surat keputusan dengan nomor 1263 Tahun 2022.

Berikut daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kepulauan Anambas:

Air Terjun Neraja
Air terjun ini terletak di Desa Ulu Maras. Air terjun ini mengalir melewati bebatuan bertingkat serta bermuara pada dua buah kolam alam.

Pantai Padang Melang
Pantai Padang Melang memiliki garis pantai yang panjang mencapai hingga 7 km yang menempuh hingga dua wilayah sekaligus yakni Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi. Dihiasi dengan pasir putih, pohon kelapa dan pohon cemara yang menghiasi pinggir pantainya menambah kesan rindang pantai tersebut.

Air Terjun Temburun
Air Terjun Temburun merupakan salah satu kawasan wisata menarik yang berada di Pulau Siantan, bagian timur Kota Tarempa. Bentuknya sangat unik bertingkat-tingkat sebanyak 7 dan bermuara di Selat Peniting

Pulau Temawan
Pulau Temawan memiliki pasir pantai yang putih dan lembut. Air lautnya yang tenang dan jernih, semakin menambah pesona keindahan alam pulau itu, yang tentunya akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di pulau tersebut.

Pulau Ayam
Pulau Ayam tidak hanya indah pantainya saja. Kehidupan bawah laut di Pulau Ayam pun tidak kalah menawan. Terumbu karang tersebar luas di dasar lautnya dan menjadi tempat hidup bagi biota laut.

MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f