IFRAME SYNC

Coastal Area, Wisata Kuliner hingga Area Bermain di Tanjung Balai Karimun

Di Coastal Area terdapat ikon tulisan Karimun berukuran besar dan piala MTQ yang dikenal sebagai tugu MTQ. Inilah ikon kota Tanjung Balai Karimun. (Foto: Lendoot)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Tanjung Balai Karimun adalah pulau kecil yang menawan. Sejuta pesona dihadirkan di sebuah kota cantik ini.

Pulau ini berada di tempat strategis karena dapat ditempuh dari Singapore, Malaysia, dan Batam dengan jarak tempuhnya kira-kira hanya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Karimun tidak sah rasanya jika tidak mengujungi Coastal Area. Di sini terdapat ikon tulisan Karimun berukuran besar dan piala MTQ yang dikenal sebagai tugu MTQ. Inilah ikon kota Tanjung Balai Karimun.

Lokasi ini merupakan wilayah pesisir yang merupakan hasil reklamasi pantai yang memanfaatkan area yang tidak terpakai menjadi area yang bermanfaat.

Coastal Area merupakan tempat multifungsi seperti area bermain anak-anak, area olahraga hingga wisata kuliner.

Berada dekat dengan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, membuat wisatawan tak perlu repot mencari makanan atau minuman.

Pasalnya berbagai kuliner dijajakan di sepanjang area ini, mulai dari jajanan pasar hingga makanan khas kekinian.

Selain itu ada juga berbagai jenis alat permainan anak diantaranya, motor-motoran, becak, sepatu roda, area bermain istana balon dan sebagainya.

Area bermain ini dibuka setiap hari dari sore hingga malam hari.

Tak heran Coastal Area menjadi lokasi favorit masyarakat untuk menghabiskan akhir minggunya.

Sembilan tiang berdiri kokoh di area Panggung Rakyat Puteri Kemuning Coastal Area. (Foto: net)

Selain itu, ada Panggung Rakyat Kemuning. Biasanya digunakan untuk menampilkan pertunjukan seperti ceramah keagamaan, pentas seni yang sengaja dibuat ditempat terbuka yang penontonnya kalangan masyarakat umum.

Di Panggung Rakyat itu juga terdapat landmark yang merupakan ciri khas bangunan Coastal Area yang terdapat sembilan tiang.

Coastal Area sudah dilengkapi dengan fasilitas lainnya diantaranya mushala sehingga memudahkan bagi para pelaku yang berjualan maupun para pengujung yang ingin beribadah.

Selanjutnya, ada enam toilet untuk tempat buang air kecil maupun besar, yang dilengkapi dengan wastafel untuk mempermudah dalam mencuci tangan maupun cuci muka.

Kemudian area parkir yang luas yang disediakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Serta terdapat pos polisi tentunya dengan petugas kepolisian dalam menjaga keamanan pengunjung Coastal Area.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Coastal Area bukan hanya menjadi ikon daerah Tanjung Balai Karimun, namun telah menjadi pilihan favorit setiap yang berkunjung ke Karimun.

“Seakan tidak lengkap, kalau ke Karimun tidak ke Coastal Area,” sebutnya.

Namanya pun juga telah melekat bagi para wisatawan saat ingin berkunjung ke Karimun.

“Tentu harapan kita, lokasi tersebut tetap dijaga bersama. Termasuk kebersihannya. Bukan hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat Karimun,” ujarnya.

Coastal Area sendiri masuk dalam destinasi pariwisata, kawasan strategis wisata dan daya tarik wisata Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun yang ditetapkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Selain Coastal Area, ada juga Air Terjun Pongkar, Pantai Pelawan, Pantai Pongkar dan Air Panas Tanjung Hutan. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f