IFRAME SYNC

Pulau Penyengat Kembali Dipercantik Tahun Ini, Jalan Dilebarkan hingga Penataan Ruang Publik

Destinasi wisata religi Pulau Penyengat kembali dipercantik pada tahun ini. (Foto: net)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Destinasi wisata religi Pulau Penyengat kembali dipercantik pada tahun ini. Revitalisasi akan dipusatkan di bagian pelabuhan, pelebaran jalan, dan ruang terbuka.

Proses revitalisasi dimulai dengan acara doa bersama dipimpin oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun bersama Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Senin (6/3/2023). Acara ini juga dihadiri masyarakat Pulau Penyengat.

Ansar mengatakan, lanjutan revitalisasi Pulau Penyengat menggunakan anggaran dari APBN sebesar Rp 43 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk penataan dermaga Pulau Penyengat, rencana pelebaran ruas jalan, dan lainnya.

“Jalannya nanti akan kita lebarkan, dari 3 meter menjadi 6 meter,” kata Ansar.

Perluasan jalan ini akan memudahkan akses pengunjung dari Pelabuhan Penyengat menuju ruang terbuka publik yang hanya butuh waktu 10 menit perjalanan.

“Pengunjung juga bisa menggunakan becak motor,” kata Ansar.

Ia melanjutkan, doa bersama dalam acara ini diharapkan tidak hanya memberikan keberkahan kepada pembangunan yang dilakukan. Tapi, juga dapat mendoakan para tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Kepri.

“Mari doakan tokoh-tokoh pahlawan nasional kita, Raja Ali Haji, Sultan Mahmud Riayat Syah, Raja Haji Fisabilillah, berkat mereka lah hari ini kita bisa bersama melanjutkan perjuangannya membangun Kepri lebih baik,” kata Gubernur Ansar.

Sebelumnya, pada 2022, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga sudah merevitalisasi di bagian dalam masjid. Saat ini masjid sudah terlihat baru kembali. Revitalisasi akan terus dilanjutkan sampai tahun depan. Di antaranya penambahan ornamen Melayu, pembangunan air mancur, perbaikan atap pelantar, dan lainnya.

Pulau Penyengat sendiri adalah salah satu destinasi wisata religi, wisata sejarah sekaligus wisata budaya yang ada di kota Tanjungpinang. Dengan berbagai peninggalan sejarah kerajaan serta peradaban Islam di Tanah Melayu, Pulau Penyengat menghadirkan warna tersendiri bagi penikmat wisata di Kepulauan Riau.

Pulau Penyengat sendiri masuk dalam daya tarik wisata Provinsi Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang yang ditetapkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Pemprov Kepri pun terus melakukan revitalisasi guna membuat Pulau Penyangat semakin indah dah membuat wisatawan nyaman. MK-mun

Redaktur: Munawir Sani

IFRAME SYNC
-
mgid.com, 846953, DIRECT, d4c29acad76ce94f