Anggarkan Puluhan Miliar, Ini Rencana Pembangunan di Tambelan

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan, Selasa (24/1/2023). (Foto: terkininews)

BINTAN (marwahkepri.com) – Gubernur Ansar memaparkan pekerjaan infrastruktur yang dikerjakan Pemprov Kepri di Kecamatan Tambelan saat kunjungannya, Selasa (24/1/2023).

Diantaranya pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) di tahun 2022 berupa pembangunan jalan utama Tambelan dengan pagu anggaran Rp 3 miliar. Lalu di tahun 2023 berupa lanjutan pembangunan jalan utama Tambelan, dengan pagu anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Pengerjaan jalan untuk jadi jalan yang layak juga menjadi prioritas kita, secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan yang ada di pulau terpencil dan terluar di Kepri,” katanya.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri juga mengerjakan beberapa proyek diantaranya tahun 2022 dengan pagu Rp 144.491.445 berupa semenisasi Jalan Tengku Sendut yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra.

Lalu tahun 2023 Dinas Perkim Pemprov Kepri menggelontorkan anggaran dengan total pagu Rp 3,55 miliar.

Adapun dana tersebut untuk pembangunan jalan seminisasi Telok Abik Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 420 juta, pembangunan jalan seminisasi Batu Penepat Desa Lepok dengan Pagu Rp 880 juta, pembangunan jalan seminisasi Batu Parang Desa Kampung Hilir dengan Pagu Rp 220 juta, pembangunan jalan seminisasi JL. Hasan Ghazali Kelurahan Teluk Sekuni dengan Pagu Rp 580 juta, rehab jalan Gang Wilayah RT 01 sampai RT 04 Desa Kampung Melayu dengan pagu Rp 420 juta, pembangunan Jalan Pejantan RT 03 RW 01 Desa Pulau Mentebung dengan pagu Rp 850 juta, dan peningkatan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (Psu) Penepat Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 180 juta yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Drs. Khazalik.

Tidak hanya itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri juga mengalokasikan bantuan 2 unit kapal 5 GT dengan pagu anggaran Rp 390 juta. Sementara Dinas Perhubungan juga mengerjakan pengadaan dan pemasangan Dermaga Apung HDPE Pelabuhan Bandara Tambelan dengan pagu anggaran sekitar Rp 2.191.601.400 yang sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Ponton HDPE itu akan memudahkan masyarakat untuk bersandar di pelabuhan Bandara Tambelan, jadi akses transportasi dari pelabuhan ke bandara bisa lebih mudah dan cepat,” kata Gubernur Ansar. MK-hum

Redaktur: Munawir Sani

Print Friendly, PDF & Email