Lingga Melahirkan Qori-qoriah Nasional dan Internasional

LINGGA (marwahkepri.com) – Sebanyak 16 siswa Kabupaten Lingga menerima beasiswa pendidikan ke Pusat Pembinaan Pengembangan Al-Qur’an, Qur’an Centre Provinsi Kepulauan Riau. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Qur’an Centre, H.Mahadi Rahman, SQ, M.Pd.I., kepada Bupati Lingga di Daik, Kamis (19/01/2023).

Dalam pelaksanaan program beasiswa yang dilakukan pihak Qur’an Centre, sebelumnya telah menurunkan tim dan melaksanakan seleksi calon santri di Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat, tanggal 24-27 Desember 2022 lalu.

Inisiatif ini diambil mengingat Kabupaten Lingga telah banyak melahirkan qori dan qoriah bertaraf nasional maupun internasional.

Para calon santri yang turut dalam seleksi tersebut, menunjukkan kemampuam diatas rata-rata yang ditentukan oleh pihak Qur’an Centre. Terdapat 16 siswa yang dinyata lulus dan berhak ditempatkan di pusat Tahfizh Al-Qur’an Provinsi Kepulauan Riau.

“Awal mula kami hanya ingin merekrut 6,7 sampai 10 orang. Tapi hasil seleksi itu kami kaget, sementara didaerah kabupaten/kota yang lain itu kurang. Dengan potensi diatas standar yang telah ditetapkan, hasil ini luar biasa,” kata H.Mahadi Rahman, yang juga merupakan staff khusus Gubernur Kepulauan Riau ini.

Atas hasil tersebut Mahadi Rahman menilai, Kabupaten Lingga punya potensi besar melahirkan calon qori-qoriah yang handal dan berprestasi.

Bahkan dirinya optimis, dengan lahirnya regenerasi qori maupun qoriah dari Andika Pengestu, Siska Wulandari, Rozali dan lainnya, Kabupaten Lingga bisa kembali bersinar dalam ajang kompetisi seperti STQH maupun MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau kedepannya.

“Makanya kami laporkan langsung ke pak bupati. Menghargai orang-orang yang cinta Al-qur’an. Insya Allah Lingga bakal ada generasi emas dibidang Al-qur’an. Mudah-mudahan bisa mengangkat prestasi Kabupaten Lingga,” jelas dia.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang didampingi Kabag Kesra dan Ketua Ipqoh mengaku bangga mendapatkan kabar baik tersebut. Pemerintah daerah senantiasa mendorong anak-anak muda tidak menjadi generasi yang antagonis.

Prestasi dalam bidang keagamaan yang didapatkan sejumlah santri tersebut merupakan langkah baik untuk meningkatkan kemampuan ilmu agama seperti tahfizh Al-Qu’ran, selama mendalami pendidikan di Qur’an Centre.

Pemerintah daerah terus memberikan dukungan terhadap perkembangan pendidikan. Aplagi dimasa pemerintahan Nizar – Neko, kelulusan calon santri ke pusat Qur’an Centre telah melebihi target yang ditentukan pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Tentu hal ini menjadi stimulus daerah, dalam mempertahankan dan upaya meregenerasi calon-calon santri berprestasi yang cinta Al-Qur’an sampai ke tingkat Internasional.

Bahkan kabar baiknya juga, melalui pusat Qur’an Centre berkerjasama dengan Universitas Sultan Ibrahim, Johor telah memberikan beasiswa sejumlah santri untuk jenjang pendidikan lebih tinggi, salah satu Andika Pengestu yang merupakan putra dari Kabupaten Lingga.

“Mudah-mudahan ilmu yang mereka dapatkan bisa memberikan sumbangsih, bermanfaat dan diberkahi. Mohonn dukungan dan do’a masyarakat Kabupaten Lingga,” harapnya. (mk/***)

Print Friendly, PDF & Email