OPINI | Tips dan Trik Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ilustrasi kebersihan lingkungan. (F: dok. pribadi)

Oleh Riyan Hidayat*

Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang, artinya lingkungan hidup adalah wadah yang meliputi ruang darat, laut, dan udara, termasuk ruang di dalam bumi. Oleh karena itu, ruang di dalam lingkungan adalah semua ruang yang terkandung di dalam atmosfer bumi. Atmosfer bumi sendiri terdiri dari berbagai lapisan hingga sekitar 500 km di atas permukaan.

Oleh karena itu, jika kita bandingkan lingkungan dengan kaca, lapisan kaca terluar, atmosfer bumi yang paling atas, adalah batas spasial lingkungan. Apa yang ada di luar kaca bukanlah sekelilingnya, melainkan apa yang ada di dalamnya. Kebersihan lingkungan adalah tidak adanya kontaminan seperti debu, kotoran, dan bau.

Di Indonesia, isu kesehatan lingkungan terus menjadi pembicaraan dan menjadi perhatian. Jumlah kasus gangguan kesehatan lingkungan terus meningkat dari tahun ke tahun. Masalah kebersihan lingkungan tidak kondusif karena masyarakat selalu tidak sadar akan kebersihan lingkungan.

Tempat pembuangan sampah tidak digunakan dan dipelihara dengan baik. Akibatnya, rumah tangga berpendapatan rendah sering mengalami masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernapasan, dan penyakit lain yang disebabkan oleh air dan udara. Berbagai upaya untuk mengembangkan kesehatan anak secara umum juga terhambat. Lingkungan dimaknai dengan cara yang berbeda-beda.

Menurut Leksikon Ekologi, lingkungan juga harus menjadi lingkungan. Lingkungan hidup adalah kesatuan antara mahluk hidup atau makhluk hidup dan benda mati atau benda mati yang ada di bumi. Sedangkan menurut UU No. 32 Tahun 2009, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang pada semua benda. Kedua organisme, termasuk manusia, kondisi perilaku manusia.

Secara keseluruhan, kita dapat mengatakan bahwa lingkungan adalah gabungan dari semua makhluk hidup dan faktor serta komponen yang mengelilinginya. Kehidupan di planet ini adalah salah satu faktor keberhasilan lingkungan.

Manusia adalah makhluk istimewa. Manusia adalah makhluk rasional yang diciptakan Tuhan dengan sempurna. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pencemaran dan kerusakan lingkungan lainnya yang terjadi disebabkan oleh manusia. Perilaku manusia pada saat ini berada di luar batas akal. Salah satunya adalah sampah. Banyak tempat yang seharusnya tidak ada sampah justru tertimbun sampah. Tempat yang seharusnya rindang dan asri menjadi panas dan gersang.

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan lingkungan. Kebersihan merupakan pertimbangan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dan seperti yang kita ketahui bersama, kebersihan adalah tidak adanya kotoran, penyakit, dan lain-lain, yang dapat merugikan segala aspek yang berhubungan dengan segala aktivitas dan perilaku di lingkungan masyarakat. Dan seperti kita ketahui bersama, kehidupan manusia itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

Maka sebagai individu, seluruh komponen masyarakat harus mampu menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih, setiap individu dan setiap masyarakat akan mengalami dampak buruk seperti kesehatan. Kesehatan itu sangat mahal. Jadi semuanya ditangani dengan benar. Lingkungan yang kotor berarti kesehatan terganggu, yang juga berarti terciptanya patogen.

Namun semuanya memiliki kata-kata yang berubah, hanya saja dalam segala hal, semua hal tersebut tidak dapat dilakukan jika setiap individu dalam masyarakat, komunitas kolektif memiliki rasa menjaga kebersihan dan kebersihan, maka hal tersebut akan sia-sia dan jauh lebih merepotkan. Seperti yang kita ketahui bersama, kesadaran masyarakat akan kesadaran perlindungan lingkungan sangat sedikit.

Berikut tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:

  • Mulailah dari diri sendiri dengan memberikan contoh kepada masyarakat tentang cara menjaga kebersihan lingkungan.
  • Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk menasihati masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
  • Ajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.
  • Tumbuhkan limbah di sekitar lingkungan Anda.
  • Pekerjakan pembersih lingkungan dengan gaji yang sesuai setiap bulan. Mendorong masyarakat untuk mengenal klasifikasi sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
  • Pelajari teknologi membuat kompos dari sampah organik untuk digunakan kembali sebagai pupuk.
  • Berkreasilah, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dari barang bekas.
  • Menjadwalkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan.

 

Dari situ dapat disimpulkan bahwa masyarakat masih kurang peduli dengan kebersihan lingkungannya. Kebanyakan dari mereka berpikir secara parsial dan hanya ingin mengambil keuntungan saja, seperti masalah pembuangan limbah yang tidak benar, pembuangan limbah pabrik, polusi udara, polusi air dan lain-lain.

Kasus terkait sanitasi meningkat setiap tahun. Dan telah mengakibatkan situasi yang tidak menguntungkan bagi kota Medan, misalnya banjir baru-baru ini yang disebabkan oleh banyaknya sampah yang menumpuk di selokan dan saluran air rumah. Dengan sajian yang menandingi teknologi, terlihat bahwa teknologi secanggih apapun tidak berbasis kebersihan maka teknologi itu akan musnah. Nah dari situ kita harus sadar bahwa kebersihan itu penting. Mari bersama-sama menjaga kebersihan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan artikel tentang kebersihan lingkungan di sekitar kita banyak terdapat kekurangan baik dari segi materi, isi, maupun gaya penulisannya, maka dari itu penulis meminta komentar pembaca untuk perbaikan artikel ini. bahkan mungkin lebih sempurna untuk menulis. Terima kasih atas perhatian Anda.

 

* Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang

 

Print Friendly, PDF & Email