OPINI | Perkembangan Ilmu Komputer di Era Digital

Foto Ilustrasi pembelajaran ilmu komputer. (F: umn)

Oleh Mohammad Agshal Maulana Akbar*

 

Di zaman yang serba kompleks seperti sekarang ini, kita dapat memanfaatkan teknologi canggih untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kita saat ini berada di era digital dimana kita dapat menggunakan komputer untuk menambang informasi sebanyak-banyaknya, dari yang kecil hingga yang besar. Kemampuan komputer untuk mengolah atau mencari informasi tentang proses seperti yang kita kenal saat ini begitu dahsyatnya sehingga beberapa negara berlomba-lomba membangun superkomputer untuk keperluan penelitian dan keperluan lainnya.

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data atas perintah pengguna komputer, dengan atau tanpa peralatan bantu, tetapi arti kata tersebut kemudian dialihkan ke mesin itu sendiri. Pada awalnya hampir semua pengolahan informasi berhubungan dengan masalah aritmatika,namun pemanfaatan  komputer modern saat ini banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan masalah aritmatika, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, media sosial dan mencari informasi melalui komputer.

Komputer diambil dari bahasa latin computare, yang berarti menghitung (to count atau estimasi). Kata komputer awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tugasnya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata tersebut dialihkan ke mesin itu sendiri.

Dalam arti luas, komputer dapat didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang bekerja dengan cara yang sama antar komponen untuk menghasilkan informasi dari program dan data yang ada. Komponen komputer meliputi: layar monitor, CPU, keyboard, mouse dan printer (selain itu). Tanpa printer komputer tetap dapat menjalankan tugasnya sebagai pengolah data, namun hanya terlihat di layar monitor, belum dalam bentuk cetakan (kertas).

Di era zaman saat ini alat-alat seperti mistar hitung, semua jenis kalkulator mekanik mulai dari sempoa, dan semua komputer elektronik modern. Istilah yang lebih umum seperti “komputer” adalah “pemrosesan informasi” atau “sistem pemrosesan informasi”.

Manfaat komputer saat ini sangat banyak dan beragam, mulai sebagai alat untuk menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu, hingga menganalisis data penelitian dan menjalankan program untuk memecahkan masalah ilmiah, industri, dan bisnis.

Dunia anak-anak sudah lama mengenal alat permainan yang dikendalikan oleh sistem komputer. Dalam bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi yang berpresisi tinggi (seperti CNC, mesin serba guna dalam industri logam), sehingga kita dapat menemukan berbagai produk industri logam yang sulit seperti yang kita bayangkan,apabila dikerjakan secara manual.

komputer bisa berkembang begitu pesat sampai seperti ini, yang sekarang mungkinspesifikasi komputer yang kita punya dianggap standar tapi bagi jaman duluitu merupakan suatu spesifikasi yang begitu hebat.Maka dari itu mari kita mengenal dan menghargai seperti apa awal mulakomputer atau bisa disebut dengan komputer generasi pertama hingga saat ini.

Pada saat ini kita banyak menemukan fenomena beredarnya situs jejaring sosial, situs ini memungkinkan kita untuk berteman dengan seseorang yang sangat jauh yang belum kita kenal lewat jejaring sosial. Perkembangan teknologi informasi telah melahirkan istilah e-commerce, yaitu kegiatan pendistribusian, penjualan, pembelian, dan pemasaran produk (barang dan jasa) dengan menggunakan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer, definisikan kembali hubungan antara pembeli dan penjual

Di sisi lain, perusahaan dan operasi bisnis juga mengalami perubahan yang cukup besar karena perkembangan kemampuan teknologi, sehingga menghasilkan layanan baru, termasuk penggunaan jaringan dunia tanpa batas.

awalnya komputer dibuat untuk memudahkan proses perhitungan matematika agar perhitungan yang lebih rumit bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lebih mudah. Lalukomputer dikembangkan sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah atau kode padasaat perang dunia II.

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, komputer digunakanuntuk memudahkan pekerjaan sehari-hari yang asalnya memudahkan militer lalu berlanjutuntuk bisnis dan sekarang untuk individu.Oleh karena itu sekarang kita dapat menemukan komputer dimanapun,pada saat itu hanya Sebagian kecil orang di dunia yang menggunakan komputer seperti golongan militer dan pemerintah,tapi sekarang kebanyakan orang mempunyai komputer jinjing atau laptop yang bisa di bawa kemana saja,itulah mengapa komputer sangat berkembang pesat sampai era digital sekarang.

Semakin canggihnya teknologi saat ini mampu mengembangkan komputer yang sangat bermanfaat dari tahun ketahun,dan bisa membawa berubahan besar terhadap peradapan manusia saat ini karna dapat membuat teknologi komputer baru di dunia semakin berkembang,komputer di era digital,komputer pada era digital ini membawa banyak manfaat dari berbagai bidang seperti politik, eknomi, sosial budaya, pertahanan atau keamanan serta teknologi informasi,namun ada juga kasus penyalahgunaan komputer yang dapat merugikan manusia di era digital ini.

Dari pemaparan hasil penelitian di atas tentang penafsiran perkembangan ilmu komputer di era modern maka dapat disimpulkan istilah komputer dari pemahaman era digital sangat berkaitan pada zaman ini dikarenakan di era digital ini kita sangat ketergantugan pada komputer seperti yang disebutkan di atas, sangat mustahil apabila kita tidak memerlukan komputer untuk mencari informasi yang sangat jauh antar wilayah lain tanpa adanya media digital, jadi selagi kita berada di era modern saat ini kita harus benar benar memanfaatkan media digital seperti komputer untuk beraktivitas dan mencari informasi pengetahuan penting yang kita butuhkan.

* Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email