OPINI | Dinamika Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja Kekinian

Foto Ilustrasi. (F: odakarge.com)

Penulis Diaz Erlangga Ari Wicaksono*

Internet (Interconnection Networking) adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung menggunakan standarisasi sistem global yang berfungsi sebagai protocol pertukaran informasi masyarakat seluruh dunia. Internet merupakan sarana yang sangat memudahkan dalam hal apapun.

Pada saat ini, internet sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan apapun terutama pada bagian informasi biasanya berkaitan dengan sosial media, sekolah, ataupun sebagai media hiburan untuk mrngisi waktu luang. Penggunaan internet untuk remaja saat ini sangat tinggi dapat dilihat dengan setiap remaja atau bahkan setiap orang pasti memiliki handphone, bahkan lebih dari satu

Internet telah mengubah pola layanan masayarakat dalam membangun hubungan yang lebih komunikatif, serta kemudahan layanan administrasi, transaksi dan penyajian informasi. Pola kehidupan berangsur-angsur mengalami perubahan sejak teknologi internet tercipta. Dengan adanya internet, membuat  bumi seolah menyusut menjadi seperti sebuah desa kecil dikarenakan para warganya dapat saling berjumpa, bertegursapa, berdagang, berbelanja, sekolah, dan berwisata setiap saat secara leluasa hanya dengan sebuah jaringan internet. Namun tetap digunakan secara bijak untuk menghindari kejahatan di dalam internet.

Koneksi jaringan internet ini juga bisa menimbulkan masalah yang serius bila teknologinya dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang ingin mangambil keuntungan pribadi namun merugikan pihak lain, misalnya mendownload software komersil secara ilegal. Maka dari itu, penggunaan internet tidak boleh berlebihan untuk menghindari kejahatan internet seperti skimming, penipuan online, pemalsuan data, peretasan situs,

Internet pada zaman sekarang sudah menjadi headline untuk menampilkan apa yang terjadi di dalam dunia ini, karena media sosial selalu menampilkan dengan cepat dan tidak perlu menggunakan biaya yang mahal untuk mengaksesnya. Sekarang di kota besar terdapat warung kopi yang menyediakan fasilitas wi-fi, di tempat umum banyak wi-fi, ini yang memudahkan kalangan remaja mengakses internet dengan mudah, dengan modal membawa handphone kemana-mana.

Sikap kesadaran diri sendiri merupakan bagian penting untuk kita tahu fungsi menggunakan internet secara bijak dan memilah yang pantas dan tidak pantas. Seseorang perlu membatasi dirinya dalam menggunakan internet, supaya tidak menimbulkan kejahatan dalam internet.

Peran orang tua juga penting untuk mengawasi anaknya yang keseringan menggunakan internet, karena remaja sekarang ini perlu dikhawatirkan dalam mengakses internet. Oleh karena itu, seseorang perlu menjaga dirinya dan tahu waktu kapan bisa mengakses internet dan fungsi internet itu sendiri.

* Penulis adalah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang

Print Friendly, PDF & Email