Terpidana Wen Hai Guan saat dibawa menuju mobil tahanan Kejari Batam, Senin (9/1). (Alamudin Hamapu/detikSumut)

BATAM (MK) – Wen Hai Guan Warga Negara Singapura yang jadi buronan sejak 2021 akhirnya ditangkap Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam di Pelabuhan Internasional Batam Center, Senin (9/1/2023).

Wen Hai merupakan buronan Kejari Jakarta Utara itu ditangkap sekitar pukul 14.30 WIB. “Penangkapan dilakukan terhadap terpidana Wen Hai Guan di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kota Batam,” kata Kajari Batam, Herlina Setyorini kepada media.

Kronologi penangkapan tersebut bermula dari laporan Imigrasi Batam ke Kejari Batam. Terpidana Wen Hai Guan terdeteksi dalam data imigrasi merupakan DPO Kejari Jakarta Utara.

“Saat pemeriksaan oleh imigrasi ada Red Notice Interpol dalam sistem imigrasi mendeteksi yang bersangkutan kemudian imigrasi berkoordinasi dengan Kejari Batam. Setelah mendapatkan laporan kemudian pelaku diamankan. Saat penangkapan tadi tidak ada perlawanan,” ujarnya.

Herlina menjelaskan pada hari ini juga terpidana Wen Hai Guan akan dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat. Tim eksekutor Kejari Jakarta Utara langsung ke Batam untuk menjemput.

“DPO sore ini juga diserahkan ke tim eksekutor Kejari Jakarta Utara. DPO Wen Hai Guan ditahan dalam perkara penganiayaan tahun 2020 oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dengan putusan pengadilan nomor 1753 /PID B/ 2020/ PN Jakarta Utara tertanggal 2 Maret 2021,” ujarnya

“Kemudian dilakukan upaya banding dengan putusan nomor 84/PID/2021 PT DKI tanggal 23 April 2021 dengan amar menguatkan putusan PN dengan pidana penjara selama 6 bulan,” ujarnya.

Herlina menyebutkan Wen Hai Guan bisa melarikan diri dari kasus tersebut karena saat itu ia menjadi tahanan kota. Namun hal itu dimanfaatkannya untuk meninggalkan Indonesia dan kembali ke Singapura pada tahun 2021.

“Dia kembali ke Singapura bulan Juni 2021 lalu. Dia datang dari Singapura sendiri. Alasannya ke Batam untuk bertemu rekannya di sini,” ujarnya. (mk/r/dtc)

Redaktur: Munawir Sani

Print Friendly, PDF & Email