Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membangun Piramida Mesir?

piramida mesir (Foto: Tirto)

(Marwahkepri.com) –  Piramida dari zaman Mesir Kuno adalah salah satu keajaiban kuno terbesar di dunia. Piramida memiliki kekuatan konstruksi atau bangunan yang kuat sehingga bisa bertahan hingga lebih dari 2.700 tahun.

Keindahan strukturnya membuat piramida menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang mengunjungi Mesir.

Menurut hasil penelitian beberapa sejarawan, fungsi piramida pada zaman Mesir Kuno adalah sebagai makam para raja.  orang Mesir menyebut piramida sebagai El Haram, bangunan megah yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia oleh UNESCO.

Tak hanya makam biasa, piramida juga dianggap sebagai rumah kekal untuk raja setelah mereka meninggal dunia. bagi warga Mesir, memuliakan rajanya bahkan setelah meninggal dunia sangat diwajibkan, teman-teman.

Oleh karena itu dibangunlah piramida agar kehidupan raja tetap berlangsung meskipun sudah meninggal. para ahli percaya bahwa raja yang berada di piramida dibekali emas, berlian, mahkota, pakaian terbaik, madu murni, dan makanan.

Barang-barang ini ikut dikubur bersama para raja untuk menemani mereka di kehidupan kekalnya pasca-kematian. sebenarnya tidak ada yang benar-benar tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun piramida, Dilansir dari National Geographic,

Hal ini karena usia piramida sudah sangat tua sehingga hanya sedikit bukti yang bertahan sejak pembangunannya. meski begitu, ada perkiraan kalau setiap piramida bisa memakan waktu antara 15 – 30 tahun hingga tahap penyelesaiannya.

Hal ini diketahui berdasarkan penelitian terhadap 118 piramida berbeda yang ada di seluruh Mesir.

Piramida tertua adalah Piramida Djoser deka Kairo, sedangkan yang terbesar dan paling terkenal adalah Piramida Agung Giza.

Setiap piramida memiliki tantangan yang berbeda dalam pembangunan dan penyelesaiannya, tergantung ukuran dan bentuknya.

Perkiraan ahli mesir kuno menunjukkan kalau Piramida Djoser membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk pembangunannya. hal ini karena piramida ini memiliki enam lapisan dan tingginya sekitar 61 meter saat pertama kali dibangun.

Setelah selesai, para pekerja kemudian menghabiskan 10 tahun lagi untuk menghubungkan piramida dengan kuil di bawahnya. hal ini membuat total waktu pembangunan Piramida Djoser hingga benar-benar selesai membutuhkan waktu 30 tahun.

Selain itu, piramida pertama yang dibangun juga jadi salah satu alasan mengapa pembangunannya membutuhkan waktu cukup lama.

Jika kita dilihat dari bentuknya, Piramida Agung Giza ini memiliki skala yang jauh lebih besar dengan tinggi 139 meter, meski secara bentuk lebih besar daripada Piramida Djoser, namun laporan waktu penyelesaiannya lebih singkat.

Piramida Agung Gaza membutuhkan waktu sekitar 15 – 27 tahun, dilansir dari National Geographic.

Sementara itu, Piramida Besar berdiri sebagai yang tertinggi dari tiga piramida, yakni Piramida Khafre dan Piramida Menkaure.

Semuanya dibangun selama 60 tahun sejak 2550-2590 SM dan dipimpin oleh Firaun Mesir yang kuat. piramida Menkaure memiliki tinggi 61 meter dan jadi yang terkecil. Piramida ini membutuhkan waktu 15 tahun.

Sementara itu, Piramida Khafre yang memiliki 137 meter membutuhkan waktu 20 tahun penyelesaian dan 10 tahun untuk membangun jalan lintas.

Piramida Mesir yang punya struktur batu diketahui sudah bertahan selama lebih dari 4.000 tahun, teman-teman. perkiraan lama waktu yang dibutuhkan untuk membangunnya hanya sekitar 15 – 30 tahun saja.

Para ahli Mesir Kuno pun berpendapat kalau cepatnya waktu pembangunan Piramida Mesir karena banyaknya jumlah pekerja terampil.

Ada yang melaporkan 20.000 orang, 30.000 orang, bahkan ada yang memperkirakan ada 100.000 orang yang membangun piramida. (mk/Bobo)

Print Friendly, PDF & Email