Joe Biden Sebut AS Komitmen Pembentukan Negara Palestina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas di hadapan media di Tepi Barat, Palestina, Jumat (15/7/2022).(AFP/MANDEL NGAN)

AMERIKA SERIKAT (marwahkepri.com) – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan AS berkomitmen untuk pembentukan negara Palestina. Biden menilai Palestina memiliki hak untuk mendirikan sebuah negara.

“Kami akan terus mengadvokasi perdamaian abadi yang dinegosiasikan antara negara Yahudi dan demokratis Israel dan rakyat Palestina,” kata Biden dalam pidatonya di sidang Majelis Umum PBB di New York seperti dilansir AFP, Kamis (22/9/2022).

Dia mengatakan solusi dua negara itu adalah memastikan keamanan kepada Israel. Di sisi lain, kata Biden, pembentukan sebuah negara juga menjadi hak Palestina.

“Tetap dalam pandangan kami sebagai cara terbaik untuk memastikan keamanan dan kemakmuran Israel untuk masa depan dan memberi Palestina sebuah negara yang menjadi hak mereka, (dengan) ukuran kebebasan dan martabat yang sama,” katanya.

Biden membuat pernyataan serupa pada Juli ketika dia mengunjungi Israel dan Tepi Barat. Namun negosiasi perdamaian Israel-Palestina telah hampir mati sejak 2014.

Hubungan Palestina dengan Washington telah meningkat sejak Biden mengalahkan Donald Trump yang pro-Israel. Akan tetapi beberapa orang Palestina melihat pemerintah terlalu berhati-hati dan lebih fokus pada program ekonomi daripada apa yang mereka lihat sebagai konflik politik inti. (mk/detik.com)

Print Friendly, PDF & Email