Wabup Natuna : Agar Masyarakat Fokus, Tidak Ada Bazar Saat MTQ

Wakil bupati Natuna, Rodhial Huda. (f:zani)

MARWAHKEPRI.COM.NATUNA – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menghadiri rapat Pemantapan Persiapan MTQ-X Tingkat Kabupaten Tahun 2022 di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, (11/05/2022).

Dalam rapat itu, Rodhial Huda mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, akan memfokuskan kegiatan pada masjid, tempat berlangsungnya perlombaan tersebut.

“Kami akan mendirikan Astaka mini untuk perlombaan cerdas cermat,” kata Rodhial Huda.

Selain Astaka, apakah Pemkab akan membangun Bazar?

Tentu hal ini sudah menjadi kebiasaan jika ada pelaksanaan MTQ seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada kesempatan itu, Rodhial Huda menyampaikan alasan kenapa tidak membangun Bazar.

“Alasan kami tidak menyediakan bazar-bazar, karena kami ingin masyarakat yang hadir itu fokus terhadap acara, fokus terhadap kegiatan bukan fokus mau beli sesuatu di bazar, karena kami ingin menciptakan masyarakat yang Qur’ani dan Islami di Kabupaten Natuna,” pinta Rodhial.

Dengan demikian, Rodhial berharap kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan baik.

“Semoga dengan adanya laporan dari setiap bidang kita sudah tau masalahnya, dengan adanya masalah ini bisa mengeluarkan solusi, dan mudah-mudahan dengan adanya solusi ini bisa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam acara MTQ di tahun ini,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum LPTQ Kabupaten Natuna, Sudirman, memberi laporan kesiapan kegiatan MTQ.

“Insyaallah kita akan menyelenggarakan MTQ pada tanggal 17 Mei 2022, untuk kesiapan administrasi alhamdulillah sudah siap, mulai dari peserta yang daftar sudah terdata oleh kami selaku panitia,” ucapnya.

Untuk penginapan dewan hakim, pihak LPTQ Natuna telah menyiapkan beberapa tempat untuk beristirahat selama mengikuti pertandingan.

Kata Sudirman, bagi setiap kecamatan yang memiliki mes kecamatan, agar bisa menginap di tempat tersebut. Bagi yang tidak memiliki mes, maka pihaknya nanti akan meminta memasukkan anggaran untuk penginapan maupun transportasi.

“Selanjutnya untuk di bidang publikasi kami udah saling koordinasi dengan kominfo dimana sudah kami pasang baliho-baliho untuk mendukung kegiatan MTQ,”ungkapnya

Pada kesempatan itu juga Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natun, Budi Dermawan, menyampaikan saran terhadap kesiapan MTQ.

“Mengenai jadwal kegiatan yang sudah dibuat, harus dibuat dengan memperhatikan kondisi fisik peserta, selanjutnya untuk tempat lomba jangan sampai peserta duduk di lantai kalau bisa lakukan dengan maksimal, dan untuk sound sistem nanti kami mohon ada tim operator sound sistem yang selalu stanby di tempat acara agar nanti tidak ada kendala saat acara berlangsung,” imbuhnya.

“Dan untuk kesiapan kalau bisa H-1 kegiatan harus selesai dan sudah siap, jangan sampai pas kegiatan ternyata masih ada kendala saat acara, dan terdapat kekurangan,” tambah Budi.

Turut hadir dalam rapar itu antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah, Kapolres Natuna, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perkim, Kabag Kesra, Kabag Umum, Sekretaris Camat Bunguran timur dan Direktur Utama PLN Ranai.(mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email