Tak Terbukti Mengandung Salmonella, BPOM Izinkan Kinder Joy Kembali Beredar

Ilustrasi. (foto:net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebut bahwa telur cokelat Kinder atau Kinder Joy yang terdaftar di BPOM dapat kembali beredar di pasaran. Ini artinya Kinder Joy, Kinder Joy for Boys dan Kinder Joy for Girls bisa kembali dibeli.

BPOM mengungkapkan bahwa telah melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap sample tiga produk Kinder yang terdaftar di Indonesia. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan tiga produk tersebut bebas dari cemaran Salmonella.

“Hasil pengujian laboratorium Badan POM menunjukkan ketiga produk tersebut NEGATIF cemaran Salmonella,” kata BPOM dalam keterangan resmi seperti dilansir Health-Liputan6.com pada Kamis (28/4/2022).

Melihat hasil pemeriksaan laboratorium yang membuktikan telur cokelat Kinder yang terdaftar di Indonesia bebas Salmonella maka BPOM mengatakan camilan manis kesukaan anak-anak ini bisa kembali beredar di Indonesia.

“Berdasarkan hasil analisis risiko terhadap keamanan pangan produk cokelat merek Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang dihentikan sementara waktu peredarannya di Indonesia, maka dengan ini diumumkan bahwa produk tersebut dapat beredar kembali di Indonesia sejak penjelasan publik ini diterbitkan,” jelas BPOM.

Sebelumnya, sekitar dua minggu yang lalu, BPOM mengumumkan menarik Kinder Joy di Indonesia. Hal ini terkait dengan laporan dari negara-negara Eropa yang menarik produk Kinder usai banyak kasus camilan tersebut terkontaminasi Salmonella di sana.

Sebagai bentuk kehati-hatian, BPOM mengeluarkan pernyataan penarikan Kinder Joy saat itu lewat rilis Menindaklanjuti Penjelasan Badan POM RI Tentang Penarikan Produk Cokelat Merek Kinder Asal Belgia di Inggris dan Beberapa Negara Uni Eropa di Website resmi Badan POM pada tanggal 11 April 2022. (mk/l6)

Print Friendly, PDF & Email