Penuhi Harapan Masyarakat, Dishub Lingga Pastikan Armada Mencukup Lonjakan Kebutuhan Pemudik

LINGGA (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, memastikan kesiapan sarana dan prasaran menghadapi angkutan jalur laut mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Dengan berbagai upaya Dishub Lingga terus  melakukan koordinasi melalui metode jemput bola untuk kelancaran operasional dan layanan selama periode angkutan Lebaran.

Hingga akhirnya kabar gembira telah datang. Pasalnya, MV Putri Anggraini 03 siap melayani rute Batam – Lingga dan sebaliknya menggantikan MV Putra Maju 08.

Kapal Ferry Putri Anggraini 03 rute Batam – Jagoh. (F:ist)

kapal Ferry cepat dengan kapasitas yang luas dan interior mewah ini dioperasikan dalam rangka menunjang kebutuhan masyarakat mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lingga, Hendry Efrizal mengatakan, dalam kesiapan menghadapi lonjakan arus mudik lebaran, perlunya kita memfasilitasi penumpang dengan armada laut aman dan nyaman.

“Kita telah melakukan upaya, baik melalui surat dan komunikasi langsung dengan kadishub provinsi, serta melalui zoom meeting yang difasilitasi RRI Tanjungpinang. Alhamdulillah melalui proses yang singkat,  rencana ini akan terwujud beberapa hari lagi, dan ini merupakan langkah baik menjelang lebaran,” kata Kadishub Lingga, Selasa (26/04/2022).

Ia juga menuturkan, kabar baik ini juga atas keinginan dari Bupati Lingga, Muhammad Nizar untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya Kabupaten Lingga.

“Tinggal tunggu Joint Operation (JO) dari PTSP otorita batam, jika tidak ada halangan kapal ini akan mulai beroperasi pada tanggal 28 April 2022 dan seterusnya setiap tanggal genap, dengan keberangkatan pukul 10 : 30 Wib,” ucapnya.

Tak hanya kapal cepat, Dishub Lingga juga telah mengupayakan kesiapan kebutuhan penumpang pengguna jasa angkutan kapal roll on – roll off (Roro) kepada PT ASDP INDONESIA Ferry Cabang Kepulauan Riau.

Kadishub Lingga menyampaikan kesiapan kapal Roro tujuan Batam – Jagoh – Tungkal sudah berjalan dengan baik.

“Mengenai Roro rute Batam – Jagoh – Tungkal alhamdulilah sudah mulai beroperasi, dan kemungkinan pukul 22 : 00 – 23 : 00 Wib malam ini akan tiba di pelabuhan Jagoh. Artinya untuk Roro angkutan penumpang dan kendaraan selama arus mudik dipastikan tak ada masalah,” tuturnya.

Sedangkan untuk Roro KMP Paray rute Jagoh – Penarik, ia menjelaskan sementara waktu ini KMP. Paray beroperasi dengan jadwal 2 trip pulang – pergi (PP) terhitung dari hari rabu tanggal 27 april 2022.

“Adapun jadwal nantinya dari jagoh trip pertama pukul  06:30 Wib, kemudian trip kedua pukul 13:00 Wib, sebaliknya dari Penarik trip pertama pukul 10:00 Wib dan trip kedua pukul 16:00 Wib,” jelasnya.

Selain itu, untuk kelancaran operasional dan layanan selama periode angkutan Lebaran. Dishub Lingga juga telah melaksanakan rapat persiapan bersama ketua Organda dan anggota untuk pengaturan parkir di Jagoh, dan pengaturan antrian mobil penumpang selama menghadapi mudik lebaran.

“Semoga upaya yang telah dilakukan ini bisa menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat. Dan kami juga berharap kepada  masyarakat yang mudik untuk tetap mengikuti aturan sebaik-baiknya serta tidak mengabaikan protokol kesehatan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” harapnya. (mk/Willy)

Print Friendly, PDF & Email