Babinsa Koramil 04/Letung Data Warga yang Butuh Bantuan

Babinsa Koramil 04/Letung saat komsos di salah satu warung warga Desa Batu Berapit Letung.(foto:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Melalui komunikasi sosial (komsos), seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Hal tersebut yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Letung, Serda Sholihin di wilayah binaannya dengan Marzuki salah seorang warga Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (26/4/2022).

“Silaturahmi kami kali ini dengan warga desa sekaligus melaksanakan komsos pendataan jumlah penduduk yang baru sebagai kelengkapan data penduduk yang ada di wilayah binaan,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan rutinitas aparat kewilayahan, guna meningkatkan harmonisasi hubungan antara aparat teritorial yakni sebagai Babinsa terhadap warga desa binaannya, agar terjalin hubungan yang baik dengan cara pendekatan komsos.

Dikatakan, sebagai Babinsa tak kenal lelah tetap berusaha mendata masyarakatnya yang belum pernah sama sekali dapat bantuan, terutama bagi para pedagang kecil seperti warung kopi, penjual kue, warteg dan lain sebagainya.

“Pelaksanaan komsos kali ini melakukan pendataan warga yang berhak mendapatkan bantuan dampak COVID-19,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan aktifnya Babinsa melaksanakan komsos, akan semakin mempererat hubungan kemanunggalan TNI bersama rakyat, secara tak langsung Babinsa dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan dan wujud nyata pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Babinsa.

“Dengan cara dari rumah ke rumah warga untuk mencapai target yang berikan kepada kami Koramil 04/Letung dengan tujuan membantu kesulitan masyarakat binaannya seperti tertuang dalam delapan wajib TNI,” tutupnya.

Dalam pantauan, kegiatan berlangsung aman dan lancar dan tetap sesuai protokol kesehatan dengan menggunakan masker. (mk/darwin)

Print Friendly, PDF & Email