Bupati Natuna : Puasa Melatih Diri dari Nafsu Duniawi

NATUNA (marwahkepri.com) – Bupati Natuna Wan Siswandi mengisi tausiah dalam rangka Muhibah Ramadhan di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga, Minggu 10 April 2022.

Kepada para jemaah, Siswandi mengatakan, bahwa puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Akan tetapi, juga melatih diri dari nafsu duniawi.

Disampaikannya, segala hal yang dimiliki saat ini merupakan titipan Allah SWT. Kelak akan dimintai pertanggungjawaban di hari akhirat.

“Semakin tinggi jabatan kita, maka semakin besar pula pertanggungjawabannya di akhirat kelak,” ucap mantan Sekda Natuna ini di Masjid Al-Bayan, kampung Balai.

Orang nomor satu di kabupaten perbatasan ini mengapresiasi kegiatan Muhibah Ramadhan, pasalnya sudah selaras dengan kegiatan Pemda Natuna yakni Safari Ramadhan.

“Saya melihat dari muhibah ramadhan ini lahir Hablumminallah dan Hablumminannas. Beribadahnya dapat, silaturrahminya juga dapat”.

Sementara itu, Camat Pulau Tiga Idris menyampaikan, Muhibah Ramadhan ini terlaksana berkat adanya kesepakatan antara kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

Rencananya, akan dilaksanakan di 11 Masjid dan 2 Surau. Dimulai pada malam ke-6 sampai malam ke 20 Ramadhan.

Muhibbah Ramadhan merupakan tradisi turun-temurun dilakukan masyarakat Melayu di dua kecamatan tersebut yang sudah berlangsung sejak 70 tahun silam.

Mereka saling kunjung-mengunjungi dari desa satu ke desa lain atau dari jamaah masjid satu ke masjid lainnya.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email