Temui Menhub, Bupati Anambas Minta Perpanjangan Runway Bandara Letung hingga Pelabuhan Roro

Gubernur Kepri, Bupati Kepulauan Anambas dan Kepala Dishub LH saat audiensi bersama Menteri Perhubungan RI di Jakarta. (Foto:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Bupati Kepulauan Anambas menemui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Rabu (6/3/2022).

Adapun kunjungan tersebut membahas perpanjangan runway Bandara Letung dan pembangunan pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) yang direncanakan terletak di Kuala Maras.

Selain mengenai perpanjangan bandara, fokus lainnya adalah pemotongan bukit di sekitar bandara agar Bandara Letung lebih aman, yang mana pada saat ini Bandara Letung telah mencapai 1400 M2 dan diusulkan diperpanjang menjadi 2000 M2 dengan target 2500M2.

“Apabila runway bandara Letung mencapai 2000 atau 2500 meter, maka pesawat berjenis Boeing tentunya bisa landing di Bandara Letung dan juga berubah statusnya dengan sebutan Bandara Internasional Letung,” jelas Abdul Haris.

Selanjutnya, maksud dan tujuan dari pembangunan Roro yang direncanakan terletak di Kuala Maras nantinya akan memudahkan masyarakat yang dari Jemaja untuk membawa kendaraannya seperti mobil atau sepeda motor ke Tanjungpinang dan akan menggunakan anggaran pusat.

“Sementara untuk pelabuhan Roro ini tujuannya akan memudahkan masyarakat dalam transportasi membawa kendaraan maupun perjalanan, dan semua persyaratan pengusulan tersebut telah selesai, antara lain yakni DED lahan yang telah dibebaskan, serta hal lainnya,” kata Abdul Haris.

Dirinya juga mengatakan, bahwa pada saat audiensi respon Menteri Perhubungan sangat luar biasa mulai dari menyambut kehadiran rombongan yang dipimpin langsung Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad dan juga dalam pemaparan semua usulan yang disampaikan mendapatkan respon baik dan cepat.

“Pertemuan ini merupakan agenda Bupati Kepulauan Anambas dalam mendampingi Gubernur Kepulauan Riau audiensi bersama Menteri Perhubungan di kekediaman Menteri Perhubungan,” katanya. (mk/darwin)

Print Friendly, PDF & Email