Singapura akan Berikan Warganya Vaksin COVID-19 Keempat Besok

Ilustrasi. (Foto:net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Negara Singapura akan memulai vaksinasi booster COVID-19 dosis kedua besok, Jumat (8/4/2022).

Kebijakan pemberian vaksin booster dosis kedua diumumkan setelah mendapat rekomendasi dari Komite Pakar Vaksinasi COVID-19 (ECV19V).

Adapun kelompok yang bakal menerima vaksinasi booster dosis kedua yakni para lansia berusia 80 tahun, lansia 80 tahun ke atas yang tinggal di fasilitas perawatan, dan kelompok warga yang rentan secara medis. Mereka diperbolehkan menerima vaksin booster dosis kedua dengan jarak minimal lima bulan setelah menerima suntikan vaksin booster pertama.

“Lansia yang tinggal seperti di panti jompo cenderung memiliki penyakit penyerta, sehingga harus mendapat dosis booster kedua bahkan jika mereka belum mencapai usia 80 tahun,” kata Kementerian Kesehatan Singapura, dikutip Channel News Asia, Kamis (7/4/2022).

Selain kelompok lansia di atas 80 tahun, warga berusia 12 tahun ke atas yang rentan secara medis dan berisiko parah bila terpapar COVID-19, juga diperbolehkan menerima suntikan vaksin booster kedua. Tak hanya itu, warga dengan penyakit kronis jantung, paru, ginjal, hati, dan sistem organ lain, juga bisa mendapatkan booster kedua.

“Mereka sangat dianjurkan untuk mendapat booster kedua untuk melindungi diri,” tambah keterangan Kemenkes Singapura.

Sementara, belum ada rekomendasi vaksin booster kedua bagi warga yang memiliki kondisi sistem imunitas tubuh lemah dan kelompok usia muda.

“Belum ada rekomendasi bagi orang sehat dan kelompok usia muda untuk menerima dosis booster kedua karena mereka memiliki respons kekebalan yang baik serta berisiko rendah mengalami keparahan.” tuturnya. (mk/dtk)

Print Friendly, PDF & Email