Jokowi Minta Generasi Milenial Miliki Sejumlah Keahlian Demi Kemajuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (F: Net)

Marwahkepri.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo(Jokowi) meminta kepada generasi milenial khususnya generasi Z untuk memiliki bekal untuk menjadi generasi yang menentukan energi kemajuan bangsa Indonesia.

generasi milenial harus memiliki keahlian di antaranya, generasi Z harus melek finansial, berwirausaha, menguasai digital, mudah beradaptasi dengan teknologi digital, dan tetap mempunyai kepedulian sosial yang tinggi.

“Melek finansial sangat diperlukan oleh generasi milenial, agar kaum muda mampu membuat perencanaan keuangan yang baik, mampu menyeimbangkan pola konsumsi dan investasi,” ujar Jokowi dalam sambutannya secara daring di Pekan Milenial Naik Kelas, Jakarta,  (5/4/2022).

Pemerintah, kata Jokowi, sangat mendukung akses modal bagi kaum melenial agar siap berwirausaha dan siap bekerja. Salah satunya melalui program kartu prakerja yang telah dimanfaatkan untuk memulai usaha-usaha baru.

“Mahir berwirausaha juga semakin penting, menyenangkan dan menantang. Kita membutuhkan lebih banyak wirausaha agar semakin semakin maju sesuai karakter muda yang semangat, kreatif dan berani mengambil resiko. Mudah beradaptasi,lincah, dan menyukai hal-hal baru,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan dengan menjadi wirausaha anak-anak mudah tidak sepenuhnya menggantungankan diri pada lapangan kerja. Namun, sebaliknya menciptakan lapangan kerja baru, membantu masyarakat, orang-orang sekitar, dan meningkatkan kesejahteraan.

“Anak-anak muda tidak boleh tertinggal dalam pemanfaatan teknologi digital. Saat ini hampir seluruh kegiatan kita sangat bergantung pada perangkat digital. Aktifitas belajar, liburan,inevstasi, belanja, liburan dan kesehatan dan sebagainya memaksa kita untuk melek digital dan tidak gaptek. Agar tidak ketinggalan di berbagai peluang dan kesempatan,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan, dari total penduduk 270 juta jiwa penduduk, generasi milenial presentasinya mencapai 25,87 persen, atau 69 juta. Sedangkan generasi Z persentasinya 27,94 persen atau 75juta.

“Terakhir saya pesan untuk milenial, terus mengembangkan keahlian-keahlian masa depan, future skill,emerging skill, memiliki kepercayaan yang tinggi dan siap berkompetisi dengan talenta-talenta global, memberikan manfaat kepada keluarga bangsa dan negara,” pungkasnya.(mk/oc)

 

Print Friendly, PDF & Email