Waw, Amerika Sudah Mulai Lakukan Vaksinasi Dosis Keempat

Ilustrasi. (F:net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada 30 Maret 2022 telah melakukan vaksinasi booster dosis kedua atau dosis keempat bila dihitung dengan vaksin primer.

Pemerintah Amerika Serikat memang telah mengesahkan dosis keempat vaksin COVID-19 untuk warga AS yang berusia 50 tahun ke atas.

Dalam roadmap yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2022 dijelaskan bahwa terdapat empat pengelompokan prioritas mendapatkan vaksin COVID-19, yaitu:

  • Prioritas paling tinggi : Lansia, tenaga kesehatan dan mereka dengan immunocompromised atau orang yang memiliki masalah imun.
  • Prioritas tinggi : Orang dengan penyakit bawaan/komorbid, ibu hamil, guru dan semacamnya, pekerja, sosiodemografi yang kurang beruntung, subpopulasi dengan risiko lebih tinggi, COVID-19 yang parah
  • Prioritas menengah : Sisa orang dewasa dan Anak-anak dan remaja dengan penyakit bawaan/komorbid

Prioritas rendah : Anak dan remaja yang sehat

Melalui roadmap tersebut, WHO memang belum secara jelas merekomendasikan mengenai penting tidaknya dosis keempat, namun berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Denmark telah melakukan dosis keempat kepada prioritas paling tinggi kategori lansia. (mk/kum)

Print Friendly, PDF & Email