Klik Pelalawan, jadi Satu dari Program Unggulan Bupati Pelalawan

Kadis Kominfo Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan AP. (Foto:ist)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Salah satu program ungggulan Bupati Pelalawan H. Zukri yang dibidangi oleh Dinas Kominfo adalah “klik Pelalawan”,. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh segala informasi, sekaligus mempermudah dalam pengurusan seperti administrasi kependudukan.

Demikian dikatakan oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan AP, dalam konferensi persnya dihadapan puluhan wartawan disela-sela kegiatan UKW (uji kompetensi wartawan). Kegiatan UKW diselenggarakan Selasa (29/3/202) di ruang Auditorium Kantor Bupati Pelalawan.

Dikatakan Hendri Gunawan, di zaman era digitalisasi ini, semua kegiatan pemerintahan maupun sistem informasi, dilakukan dengan sistem digital.

“Yaitu dengan mencanangkan aplikasi “klik Pelalawan,”. Aplikasi ini akan segera dilaunching dalam waktu dekat,” tandasnya.

Dijelaskan Hendri, aplikasi tersebut berisikan berbagai informasi. Aplikasi itu juga memudahkan masyarakat dalam pengurusan apapun. Misalnya mengurus KTP, kartu keluarga (KK), akte lahir, perobatan gratis, informasi harga-harga barang dan lain sebagainya.

“Pengurusan administrasi kependudukan seperti itu, semua terangkut dalam satu genggaman yaitu di HP android milik kita masing-masing dengan aplikasi namanya “klik pelalawan”,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat ini Pemda Pelalawan memprogramkan internet masuk desa. Seperti yang sudah dijalankan beberapa waktu ini, setiap OPD (organisasi perangkat daerah) sudah dijadikan sebagai sentral jaringan. Kemudian program ini juga akan dikembangkan lagi disetiap kecamatan hingga ke setiap desa.

“Kita akan berusaha agar kegiatan ini secepatnya sampai ke pelosok desa. Untuk merealisasikan ini kita juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi bagaimana upaya untuk percepatan program ini,” ucapnya.

Ditambahkan Hendri, ada beberapa alternatif yang akan dilakukan dengan beberapa pihak trader, salah satunya pihak Telkomsel, supaya disetiap desa itu ada jaringan internet. Kemudian akan membangun komunikasi dengan pihak kementerian, dimana disana ada namanya big bhakti yang bisa membangun BTS semacam parabola yang sinyalnya bisa terkoneksi langsung melalui satelit.

“Sekarang yang sudah terealisasi sesuai dengan kondisi BTS yang ada, baru mencakup sekitar 45 persen. Sisanya ada sebanyak 16 desa yang yang bidang spot sama sekali tidak mendapat jaringan internet. Insya Allah dalam waktu dekat akan diselesaikan semua,” imbuhnya.

Lanjut Hendri lagi, kemudian ada beberapa desa yang tradernya juga perlu penambahan kapasitas jaringan HP dari 3G menjadi 4G. Ada sejumlah desa yang akan ditambahkan kapasitas jaringan internet aplikasi “klik Pelalawan” diantaranya ada 5 desa di daerah Kecamatan Kuala Kampar, dengan kalkulasi dananya diperoleh dari provinsi.

Sedangkan untuk di daerah Kabupaten Pelalawan sendiri, sudah menyelesaikan di 12 kecamatan. Untuk tahap berikutnya akan menyelesaikan sebanyak 106 desa lagi, diluar lima desa yang di Kuala Kampar.

“Terkait itu kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Telkomsel. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi bagaimana supaya di daerah ini dibangun semacam tower dalam rangka mendukung program Pelalawan maju,” ujarnya mengakhiri. (Sona)

Print Friendly, PDF & Email