Jelang Bulan Puasa, Babinsa Kodim 0317/TBK dan Warga Gotong Royong Bersihkan TPU dan Masjid

Suasana gotong royong pembersihan TPU di Kelurahan Tebing. (Foto:ist)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Tinggal menghitung hari bulan suci Ramadan akan segera tiba, riak kegiatan masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan sudah mulai terlihat. Setiap masjid dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) juga mushola kini mulai dibenahi dan dibersihkan dengan tujuan dapat menambah kekhusukan dalam beribadah nantinya.

Untuk itu, Babinsa Tebing Koramil 04/Tebing Sertu Hadi Gunawan bersama warga binaan melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan TPU di Kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing.

Juga Babinsa Pauh Koramil 02/Moro Serka M. Amin melaksanakan kegiatan gotong royong pembersiahan masjid Bantul Rohim di Desa Pauh Kecamatan Moro.

“Pembersihan tempat pemakaman umum sangat tepat dilaksanakan saat ini, mengingat tidak lama lagi kita akan menyambut datangnya bulan penuh rahmat dan ampunan yaitu bulan suci Ramadan. Juga tempat tempat ibadah,” ujar Dandim 0317/TBK Letkol Inf Agus Rediyanto

Dikatakan dandim, bahwasanya kegiatan tersebut selaras dan sesuai arahan Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu. Dimana babinsa dituntut untuk selalu bersinergi dengan pemerintahan desa maupun warga masyarakat. Selain untuk mempererat hubungan komunikasi dengan masyarakat, gotong royong ini juga menunjukkan wujud kepedulian babinsa. Juga salah satu cara berkomunikasi dengan warga di tempat binaan.

“Melalui gotong royong juga komsos adalah terbentuknya hubungan emosional dan kerjasama yang kuat antara babinsa bersama warga, dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketahanan wilayah yang kuat, kegiatan gotong royong dan komsos secara rutin bersama warga di wilayah binaan, akan menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat demi menjaga kedaulatan NKRI,” tambahnya.

“Kemudian, segala keluhan dan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dapat diketahui serta diselesaikan dengan cepat. Babinsa harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, karena babinsa sebagai ujung tombak satuan komando wilayah TNI,” pungkasnya.

Dandim berharap semua pihak bersinergi bersama-sama dan kompak dalam memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19. Salah satunya lewat komsos ini untuk terus mesosialisasikan memakai masker, protokol kesehatan dan yang belum vaksin agar segera vaksin.

“Selain itu, kita juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mendukung pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi di Kepri khususnya di Kabupaten Karimun ini,” ujarnya.

Dandim juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar selama bulan suci Ramadan nanti, kegiatan ibadah tarawih dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dimana pun berada dan menjadikan protokol kesehatan ini sebagai pola hidup baru dalam kehidupan masyarakat. Jangan kendor, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan,” tegasnya. (mk/sal)

Print Friendly, PDF & Email