Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023, Gubernur Sebut Empat Rencana Pembangunan Ada di Anambas

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023. (Foto:ist)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 dalam program pemulihan ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan insfratruktur dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, Senin (28/3/2022).

Kepala Balitbangpeda Kepulauan Anambas, Adies Saputra membacakan laporannya. (Foto:ist)

Kepala Badan Penelitian, Pembangunan dan Perencanaan Daerah (Balitbangpeda) Anambas, Adies Saputra dalam laporannya menjelaskan, Musrenbang RKPD dilaksanakan sesuai dengan peraturan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 2017 tentang Pembangunan dan Penataan Kota yang Minimalis, Terintigratif dan Lengkap.

“Sesuai dengan amanat UU yang berlaku, Musrenbang RKPD tahun 2023 kali ini dilaksanakan dengan 158 orang total yang mengikuti, 96 melalui vidcon dan 62 orang hadir secara langsung dan terbatas,” jelasnya di ruang rapat utama Lantai 3 Kantor Bupati Anambas.

Ketua DPRD Anambas, Hasnidar memberikan sambutan. (Foto:ist)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anambas, Hasnidar menyampaikan bahwasanya peran DPRD dalam Musrenbang RKPD ialah mengeluarkan saran sebagai bahan pertimbangan pembangunan daerah.

“Musrenbang merupakah ruang publik sebagai bukti pelayanan yang tidak ada kepentingan kelompok melainkan kepentingan masyarakat melalui pemerintah, sehingga diharapkan semoga pemerintah tetap selektif dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan ini,” sampai Hasnidar.

Suasana pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023. (Foto:ist)

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk rancangan RKPD 2023 yang memuat prioritas daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD, pemutakhiran informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

“Dari tujuan musrenbang ini, sasarannya agar tercipta proses perencanaan yang transparansi, komunikasi, efisiensi dan efektifitas juga sinergritas dalam penyusunan prioritas rencana kegiatan dan anggaran pembangunan tahun 2023,” katanya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris memberikan sambutan. (Foto:ist)

Ia juga mengucapkan, mudah-mudahan rencana yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah dalam penataan kota yang bgaus dapat terealisasi secepatnya, sehingga Anambas bisa maju dan bersaing baik skala kabupaten maupun nasional.

“Semoga rencana pembangunan Anambas dapat segera berjalan walaupun sedikit demi sedikit, sehingga Anambas Bermadah lebih dikenal oleh masyarakat luas,” ucapnya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memberikan sambutan. (Foto:ist)

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyebutkan, tujuan Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas juga sudah masuk dalam 10 rencana pembangunan Provinsi Kepri sehingga insya Allah segera tercapai rencana yang diharapkan oleh semua kalangan masyarakat Anambas.

“Dari 10 rencana pembangunan provinsi, 4 porsi rancangan ada di Anambas, khususnya bidang kesehatan. Semoga apa yang diharapkan bisa segera terealisasi sesuai dengan apa yang diharapkan,” sebut Ansar Ahmad.

Berfoto bersama. (Foto:ist)

Gubernur juga mengatakan, sektor pariwisata yang ada di Anambas juga sangat menjanjikan untuk berkembang, sehingga dirinya akan memberikan porsi yang besar untuk Anambas, karena ia yakin jika bidang pariwisata didorong, sangat berpotensi sekali untuk maju.

“Saya kedepannya akan banyak berkunjung ke Anambas untuk membahas pariwisata bersama Bupati Kepulauan Anambas, karena banyak sekali tempat pariwisata disini yang sangat dominan berkembang, pembahasan saya tentu akan berfokus untuk mendorong sehingga bisa menjadi potensi wisata yang sangat berkembang,” ujarnya. (mk/darwin)

Print Friendly, PDF & Email