Hasil Diet Lebih Maksimal dengan Beras Merah, Perut Terasa Kenyang Lebih Lama

Beras merah sangat baik untuk diet. (f:ist)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Untuk menurunkan berat badan diet adalah salah satu cara yang sangat manjur dengan dibarengi olahraga. Namun, dalam diet ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, misalnya jenis makanan yang dikonsumsi.

Salah satu yang membuat berat badan naik yaitu tubuh kita terlalu banyak mengkonsumi gula dan kalori yang masuk ke dalam tubh lebih besar dibanding yang dikeluarkan.

Nah, tau gak kawan marwahkepri.com jika nasi beras putih yang kita konsumsi setiap hari ternyata mengandung gula yang cukup besar loh. Jika tidak bisa dikontrol diet kita bisa sia-sia saja.

Tapi bagaimana jika beras putih kita ganti dengan beras merah ? Sebenarnya apa ya manfaat beras merah untuk diet sehingga sering dianjurkan?

Baca JugaBoleh Nggak Makan Mie Instan Saat Diet?

Salah satu manfaat beras merah untuk diet rupanya bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama setelah makan. Dibanding beras putih, manfaat beras merah untuk diet membuat pola makan lebih terkontrol karena bisa membantu mengurangi rasa lapar.

Belum lagi kandungan nol lemak dari beras merah untuk diet yang membantu menjaga berat badan. Manfaat beras merah untuk diet sangat sehat karena berasal dari gandum utuh yang kaya serat serta zat besi.

Jadi, apa saja ya manfaat beras merah untuk diet? Yuk simak manfaat beras merah untuk diet yang bisa membuatmu kenyang lebih lama sehingga tidak tertarik mengonsumsi camilan tak sehat.

1. Kenyang Lebih Lama
Mengutip dari Live Strong, manfaat beras merah untuk diet bisa membuatmu kenyang lebih lama. Ini karena beras merah berasal dari gandum utuh yang kaya akan serat.

Seperempat cangkir beras merah mengandung 2 gram serat yang artinya memenuhi 8% dari nilai serat harianmu. Menurut Colorado State University, asupan serat yang dianjurkan setiap orang 14 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi per hari.

Hal ini akan membantumu mengendalikan rasa lapar dan kenyang lebih lama. Manfaat beras merah untuk diet ini tentu bagus buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

2. Melancarkan Pencernaan
Manfaat beras merah untuk diet lainnya bisa membantu melancarkan pencernaan. Tentu saja kandungan serat di dalam beras merah untuk diet yang akan membantumu melancarkan pencernaan.

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak mudah dicerna tubuh. Selain itu, serat juga paling dikenal akan kemampuannya membantu meningkatkan fungsi usus dan mencegah sembelit. Oleh sebab itu, kamu bisa merasakan manfaat beras merah untuk diet ini saat mengonsumsinya.

Baca JugaMemasak salah satu cara Diet tepat dan Sehat

Ketika saluran pencernaan lancar pada gilirannya akan membantu mengendalikan berat badan. Jadi, jangan ragu lagi merasakan manfaat beras merah untuk diet ya.

3. Bebas Lemak
Seperti yang disebutkan di atas, manfaat beras merah untuk diet adalah bebas lemak. Ingat, asupan lemak yang tinggi sering dikaitkan dengan penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Asupan lemak tinggi juga meningkatkan risiko obesitas. Bahkan kamu disarankan menghindari lemak trans. Dengan mengonsumsi nasi merah maka bisa mendapatkan manfaat beras merah untuk diet yang bebas lemak sehingga tak hanya membantu mengendalikan berat badan tapi juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah penelitian terdapat 40 wanita kelebihan berat badan yang makan 2/3 cangkir (150 gram) beras merah per hari selama enam minggu. Mereka mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang yang signifikan dibandingkan dengan wanita yang makan nasi putih dalam jumlah yang sama.

4. Kaya Zat Besi
Manfaat beras merah untuk diet selanjutnya adalah kaya zat besi. Kamu bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi nasi merah setiap hari sehingga mendapatkan manfaat beras merah untuk diet ini.

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa zat besi yang cukup dalam makananmu, tubuh mungkin tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan sehingga menyebabkanmu merasa lelah dan menurunkan kemampuan melawan infeksi.

Baca JugaKamu Salah Besar! Ternyata Sit Up Tidak Membuat Perut Kecil

5. Bagus untuk Jantung dan Diebetes
Manfaat beras merah untuk diet tidak hanya membantu mengendalikan berat badan tapi juga bagus buat kesehatan jantung dan diabetes. Manfaat beras merah untuk diet yang kaya serat dan magnesium, mineral penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Tinjauan dari sembilan penelitian menunjukkan bahwa setiap 100 mg/hari peningkatan magnesium dalam menu diet mengurangi kematian penyakit jantung pada wanita sebesar 24% sampai 25%. Manfaat beras merah untuk diet juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes.

Mengganti nasi putih dengan beras merah untuk diet dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Ini karena manfaat beras merah untuk diet yang memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada beras putih.

Beras merah lebih lambat dicerna dan tidak terlalu berdampak pada gula darah. Memilih makanan dengan indeks glikemik lebih rendah dapat membantu penderita diabetes mengontrol gula darah mereka lebih baik.

Tidak hanya itu, bahkan manfaat beras merah untuk diet dengan mengganti nasi putih sebagai asupan harian dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 197.000 orang, menukar hanya 50 gram nasi putih dengan nasi merah per minggu, memiliki risiko 16% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. (mk/dtc)

Print Friendly, PDF & Email