Jangan Anggap Enteng, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala Besar

Ilustrasi: Freepik

MARWAH KEPRI – Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk rajin beribadah kepada Allah SWT. Sebab, dengan beribadah, kita akan mendapatkan pahala yang kelak menolong kita di akhirat nanti. Untuk mendapatkan pahala, tidaklah sulit, asalkan kita rajin mengerjakannya dan selalu istiqomah.

Ternyata, ada lho, beberapa ibadah atau amalan ringan yang berpahala besar. Saat kita melakukannya, hal ini bisa menjadi tabungan pahala kita kelak. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Mendengarkan azan

Azan merupakan seruan dan penanda waktu salat bagi umat Islam. Rasulullah SAW telah mengajarkan kita untuk mendengarkan azan hingga selesai dalam diam karena Allah SWT mengganjarkan pahala bagi yang melakukannya.

2. Membaca doa setelah azan

Selain mendengarkan azan, membaca doa setelah azan juga ternyata memiliki pahala yang besar.

3. Mengamini imam saat salat berjamaah

Amalan ringan yang berpahala besar lainnya adalah mengamini imam saat salat berjamaah. Hal ini telah tertulis hadis Rasulullah yang artinya sebagai berikut.

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: {غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] فَقُولُوا: آمِينَ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Jika imam membaca, ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaaliin’, maka ucapkanlah ‘Amiin’. Karena siapa saja yang mengucapkan ‘Amiin’ bersamaan dengan ucapan ‘Amiin’ malaikat, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 782 dan Muslim no. 410)

4. Mengucapkan ‘Rabbana Lakal Hamdu’ dalam salat

Meskipun tidak wajib, namun membaca “rabbana lakal hamdu” saat bangkit dari rukuk juga dapat mendatangkan pahala yang besar.

5. Membaca ayat kursi setelah salat

Keutamaan membaca ayat kursi selepas salat adalah tidak akan menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.

6. Membaca Basmallah saat akan beraktivitas

Mungkin saja hal ini terkesan sepele. Namun, memulai aktivitas dengan membaca Basmallah juga akan mendatangkan pahala yang besar. Selain itu, kita juga akan mendapat perlindungan Allah SWT saat melakukan aktivitas tersebut.

7. Mendoakan orang lain dalam kebaikan

Mungkin ada kalanya kita merasa kesal dan marah kepada orang lain terhadap perbuatannya. Bahkan tak jarang, keluar kata-kata yang kurang pantas untuk mengekspresikan rasa kesal itu. Namun, alangkah baiknya, jika kita mulai mengubah kebiasaan ini. Kita bisa mendoakan orang lain dalam kebaikan karena Allah SWT menjanjikan pahala yang besar.

8. Tidur dalam keadaan suci

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan
Selain mandi dan menggosok gigi, jangan lupa berwudu sebelum tidur. Sebab, tidur dalam keadaan suci akan mendatangkan pahala.

9. Melakukan sujud syukur

Saat menerima kabar menggembirakan, hendaklah kita tetap mengingat Allah SWT. Sebab, segala yang baik itu memang datang dari Allah SWT. Maka dari itu, saat merasa bahagia, jangan lupa melakukan sujud syukur sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT Sang Maha Pemberi Rezeki.

10. Selalu istiqamah dalam menjalankan ibadah

Terakhir, ibadah yang mendatangkan pahala besar adalah yang dilakukan terus menerus tanpa terputus atau istiqamah. Memanglah sulit untuk selalu istiqamah. Maka dari itu, Allah SWT mengganjarkan pahala besar jika kita dapat melakukannya. (mk/popbela)

Print Friendly, PDF & Email