Mantap! Jokowi Resmikan Mobil Listrik Buatan Indonesia

Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik pertama 'bikinan' Indonesia (Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di kawasan Deltamas, Cikarang, Bekasi diresmikan Presiden Joko Widodo. Peresmian pabrik ini berbarengan dengan peluncuran mobil listrik perdana rakitan Indonesia yakni Hyundai Ioniq 5. Jokowi mengaku menunggu-nunggu momen tersebut.
“Karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan,” ujarnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia Rabu, (16/3/2022).

Ke depan, menurut Jokowi, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di tanah air. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara Nusantara.

Baca JugaBukan Soal Duit, Konglomerat Ini Sempat Ditolak Beli Ferrari Langka

Selain itu, lanjut Jokowi, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

“Kita punya nikel, kita punya kobalt, sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi alumunium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel mobil listrik,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menekankan hilirisasi barang tambang harus dilakukan agar nilai tambah meningkat dan optimal.

“Untuk menjadi pemain kunci di kendaraan listrik kita perlu membangun ekosistem yang kuat. Tanpa ekosistem yang kuat di dalam negeri, kita akan sulit bersaing dengan negara lain dalam membangun industri mobil listrik,” ujar Jokowi.

Kepala negara pun bilang kalau tahun 2022 ini akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Beberapa investor, lanjut Jokowi, akan memulai konstruksi untuk kemudian mengolah nikel dan kobalt menjadi bahan material baterai lithium.

Baca JugaHypercar Koenigsegg Resmi Masuk Indonesia, Maret 2022 Luncurkan Mobil ‘Sultan’

“Dan pada tahun 2024, mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita Indonesia,” katanya.

Mantan Wali Kota Solo itu pun memastikan pemerintah akan terus mendorong local content kendaraan listrik dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi. Sehingga industri hulu dari kendaraan listrik juga akan tumbuh yang sekaligus menciptakan lapangan kerja dan bisa mensubstitusi impor.

“Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai,” ujar Jokowi.

Baca JugaMakin Banyak Orang Kepo Tentang Mobil Listrik Lewat Google

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIC 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati,” kata Jokowi. (mk/cnbc)

Print Friendly, PDF & Email