Inovasi Baru Kereta Listrik akan Terlahir, Mampu Isi Daya Lewat Gravitasi

(Fotot: Ist)

Marwahkepri, Jakarta – Perusahaan teknik asal Australia, Fortescue Future Industries, mengumumkan proyek kereta listrik bernama Infinity Train. Berbeda dari lainnya, kereta ini diklaim bebas karbon.

Infinity Train nantinya tidak lagi mengandalkan pembangkit listrik sebagai pengisi dayanya. Tetapi, menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dengan memanfaatkan gaya gravitasi, Dilansir dari BGR, Rabu (16/3/2022)

Fortescue mengatakan, baterai listrik akan diisi ulang menggunakan gaya gravitasi saat relnya menurun, hal itu berarti tidak perlu mengisi ulang atau mengisi bahan bakar setelah mencapai stasiun.

Disampaikan bahwa proyek kereta tersebut, digagas setelah mengakuisisi perusahaan yang berbasis di Inggris, yakni Williams Advanced Engineering (WAE).

Bersama-sama, lewat ketersediaan dana lebih dari US$50 juta atau sekitar Rp716 miliar, kedua perusahaan akan mengembangkan inovasi terbaru kereta listrik.

“Infinity Train akan menambah moda transportasi hijau Fortescue. Kereta jenis baru ini sedang dalam pengembangan dan nantinya akan menjadi pemain utama, memberikan nilai besar bagi pemegang saham kami,” kata Dr. Andrew Forrest AO, pendiri dan ketua Fortescue.

Prerusahaan menyebut Infinity Train akan membantu mempercepat perlombaan Fortescue untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2030. Diharapkan proyek dapat mengurangi biaya operasi dan pemeliharaan kereta listrik saat ini.(mk/oc)

Print Friendly, PDF & Email