Perkuat Antibodi, Wabup Natuna Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, mengajak seluruh masyarakat Natuna mengikuti vaksinasi booster (dosis ketiga) sesuai dengan anjuran pemerintah pusat.

Vaksinasi ini diberikan kepada masyarakat dengan rentang waktu minimal 6 bulan setelah vaksinasi dosis kedua. Tujuannya adalah untuk memperkuat antibodi.

Menurut Rodhial, vaksinasi booster ini sangat penting, karena menurut penelitian World Health Organization (organisasi kesehatan dunia) terjadi penurunan antibodi terhadap vaksinasi yang diberikan sebelumnya.

“Tujuannya untuk memperkuat antibodi. Jadi kami menghimbau kepada masyarakat, agar segera ikut divaksin. Terutama yang punya resiko rentan seperti lansia dan orang-orang yang berhubungan dengan banyak orang”, ujar Rodhial, di Gedung Wanita, usai menghadiri vidcon launching vaksinasi booster oleh Mendagri, Kamis 13 Januari 2022.

Vaksinasi booster ini kata Rodhial akan terus dilakukan hingga mencapai target. Untuk pelaksanaannya sendiri akan didukung oleh instansi TNI-Polri di berbagai titik yang sudah ditetapkan.

“Pemerintah telah menjamin, vaksinasi ini gratis. Apapun kebutuhan kita akan disediakan. Jadi sebelum berbayar ayo vaksin !!” canda orang nomor dua di Natuna ini.

Vaksinasi booster di wilayah Provinsi Kepri dilaunching secara serentak oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, hari ini di Kota Batam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, pihaknya belum memastikan secara detail kebutuhan vaksin untuk Natuna. Namun target keseluruhan sebanyak 58 ribu lebih.

Hikmat menjelaskan, dalam vaksinasi ini tidak akan diberikan dosis penuh, melainkan hanya setengah dari dosis biasa.

“Jadi kalau biasanya dosis AZ 0,5 maka sekarang hanya diberikan 0,25. Kemudian untuk Pfizer yang biasanya 0,3 maka sekarang cuma 0,15”, ujarnya.

Untuk centra nya seperti biasa, ada yang di gedung serindit dan ada juga di mes kodam, jadi nanti tergantung di masing masing pelayanan, tambahnya lagi.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email