Terkait Vaksin Booster, Pemprov Kepri Masih Tunggu Petunjuk Teknis dari Kemenkes

Suasana rapat di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri. (F:ist)

TANJUNGPINANG (marwahkepri.com) – Pemerintah Provinsi Kepri menyatakan siap untuk memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat. Namun, Pemerintah Provinsi Kepri masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis vaksin booster. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengintruksikan vaksin booster dimulai pada tanggal 12 Januari untuk mengantisipasi dampak penyebaran virus COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Di Provinsi Kepri, Gubernur Ansar Ahmad merencanakan peluncuran program vaksin booster dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada tanggal 13-14 Januari. 

“Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke Kepri nanti,” ujar Gubernur Ansar saat memimpin rapat koordinasi persiapan vaksin booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (10/1/2022). 

Provinsi Kepri memang termasuk dalam daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksin booster. Syarat daerah yang bisa melakukan vaksin booster adalah sudah melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis 1 dan sudah melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis 2. Di Kepri, ada empat kabupaten/kota yang memenuhi syarat tersebut, yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna. 

Terkait sasaran vaksin booster, pemerintah pusat memprioritaskan pemberian vaksin booster bagi kelompok lansia dan kelompok rentan. Lalu pemberian vaksin booster juga diberikan pada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Menyangkut target vaksinasi lainnya, skemanya masih digodok pemerintah pusat. 

“Kalaupun izin dari pusat untuk vaksin booster belum keluar, kunjungan Mendagri nanti kita gantikan dengan vaksinasi anak. Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi,” lanjut Gubernur Ansar. 

Sementara itu, kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ke Kepulauan Riau akan diisi dengan beberapa agenda. Selain peninjauan vaksinasi, Tito Karnavian juga akan meninjau perbatasan negara  Indonesia di Karang Singa dan memberikan pengarahan pada seluruh Forkompimda Kepri. Tito dijadwalkan akan datang ke Kepri bersama Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra dan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Aan Kurnia. 

Turut hadir dalam rapat tersebut PJ. Sekretaris daerah Lamidi, Asisten I Herry Mokrhrizal, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, Kepala Badan Perbatasan Doli Boniara, Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri, dan kepala OPD Pemprov Kepri lainnya.(mk/dis)

Print Friendly, PDF & Email