Program SIM Antar Pulau jadi Inovasi Terbaru Polres Karimun

Salah satu masyarakat pulau luar Karimun mengikuti ujian praktik guna mendapatkan SIM. (F:ist)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Karimun, Satlantas Polres Karimun meluncurkan Program Simantap (SIM Antar Pulau) yang dikhususkan untuk masyarakat yang berada di Pulau Karimun sekitarnya, Senin (6/12/2021).

Dibentuknya Program Simantap bertujuan untuk mempemudah pelayanan SIM kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang berada diluar Pulau Karimun.

“Jadi teknisnya Program Simantap ini kami datang ke pulau di luar Pulau Karimun dengan menggunakan kapal Satpolair Polres Karimun Polda Kepri,” ungkap Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, SIK, SH.

Sehingga dalam penerbitan pelayanan SIM, masyarakat di luar Pulau Karimun melakukan ujian teori dan praktik SIM di lokasi yang telah disiapkan oleh polsek-polsek kepulauan.

Nantinya setelah dinyatakan lulus ujian teori dan praktik masyarakat tersebut dapat melaksanakan pembayaran PNBP SIM, foto dan pengambilan SIM di Satpas Polres Karimun.

“Jadwal Simantap setiap 2 minggu sekali sesuai permintaan dari para kapolsek,” jelasnya lagi.

Selain itu tambahnya, tidak ada biaya tambahan, karena biaya pembuatan SIM tetap sama sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas PNBP yang berlaku pada Polri.

“Selain memberikan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat di kepulauan bisa terlayani dan bisa tertib berlalulintas,” tutupnya. (mk/sal)

Print Friendly, PDF & Email