Jelang Natura, Disperindakop dan UKM Anambas Pantau Harga Sembako

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman

ANAMBAS(marwahkepri.com) – Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Anambas akan memantau harga bahan pokok secara intensif, juga mengidentifikasi kecukupan stok dan ketahanan bahan pokok untuk mengantispasi lonjakan, di tengah musim angin utara mendatang dalam upaya memenuhi uhan pokok masyarakat Kepulauan Anambas menjelang Natal dan Tahun Baru (Natura) 2022.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan menipisnya kebutuhan bahan pokok dan komoditi lainnya, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan para pengusaha yang berada di Anambas dan Tim Satgas Pangan Kabupaten Anambas dengan terus memonitor perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar.

“Upaya tersebut dilakukan guna untuk mencegah terjadinya penimbunan barang di beberapa gudang di Kabupaten Kepulauan Anambas, karena nantinya akan berdampak dengan lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar,” katanya kepada awak media, Senin (06/12/2021).

Usman juga menjelaskan, untuk ketersediaan kebutuhan berupa beras, minyak goreng, gula, garam, dan lainnya yang bersifat tidak cepat rusak untuk harganya di upayakan akan stabil selama musin Utara saat ini, begitu pula dengan stoknya.

“Untuk bahan pokok yang tidak cepat rusak insyaallah akan aman stok dan juga harganya selama di bulan desember ini,” jelas Usman.

Lanjut Usman, sementara untuk persediaan bahan seperti cabai, telur, bawang dan lainnya yang akan berkoordinasi dengan pedagang, mengingat bahan pokok ini biasanya diimport dari luar Anambas.

“Kebutuhan ini akan diupayakan tetap ada, dan juga akan dibicarakan ke pedagang untuk menyediakan stok lebih, karena sifatnya cepat rusak dan juga tergantung dengan transportasi laut kita,” lanjutnya.

Usman juga mengungkapkan, ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berada di Anambas untuk saat ini masih aman, karena dari informasi yang ia dapat, bahwa kapal pangkalan yang biasanya mengangkut BBM dari Natuna ke Anambas baru saja kembali.

“BBM di Anambas untuk beberapa hari kedepan seharusnya masih aman, karena jumat yang lalu kapal yang mengangkut BBM kita baru saja membawa muatan dari Natuna,” ungkapnya.

Usman berharap, agar masyarakat tidak terlalu panik akan ketersediaan bahan pokok menjelang Natura ini, karena pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pedagang agar mengupayakan ketersediaan bahan kebutuhan pokok agar tetap tersedia.

“Saya harapkan, masyarakat tidak usah terlalu khawatir dan untuk tidak membeli barang kebutuhan secara banyak, takutnya akan menimbulkan permasalahan pada ketersediaan stok,” pesannya. (mk/darwin)

Print Friendly, PDF & Email