DPRD Anambas Sahkan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2022

Foto bersama saat persetujuan Ranperda APBD 2022 Kabupaten Kepulauan Anambas disahkan

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas sahkan Ranperda APBD Tahun anggaran 2022 dan hal tersebut dilakukan sesuai dengan jadwal Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dan tahapan demi tahapan sebagaimana yang diatur dalam peraturan DPRD Tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, yang telah dilalui bersama, Selasa (30/11/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Hasnidar memimpin sidang bersama wakil ketua I, Syamsil Umri serta didampingi Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra. Setelah itu, ia mempersilahkan wakilnya sebagai juru bicara badan anggaran menyampaikan hasil kerjanya.

Terhadap hasil pembahasan rancangan peraturan daerah dan belanja daerah tahun anggaran 2022, Syamsil Umri menyampaikan keuangan daerah harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undagan, efektif, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat bagi masyarakat hendaknya menjadi komitmen bersama untuk mencapainya.

Oleh karena itu semua proses pembahasan yang telah dilalui oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas maupun ditingkat komisi sebagai upaya untuk menciptakan pembangunan yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Anambas secara menyeluruh harus diperhatikan.

“Mengenai beban hutang ditahun 2021 yang dianggarkan di APBD 2022, fraksi PDI Perjuangan – plus mengingatkan agar
pemerintah lebih jeli dan berupaya menganalisa beban hutang sehingga tidak terjadi di setiap tahun penganggaran dan tidak menjadi beban berkepanjangan yang berakibat mengganggu alokasi-alokasi anggaran ke komponen lain yang sebagai pelaksana kegiatan pemerintahan untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat yang mendasar,” ungkap Syamsil Umri saat membacakan pendapat akhir fraksi.

Disamping itu, setiap fraksi menyampaikan pendapat akhir terhadap laporan badan anggaran tahun 2022, Syamsil Umri dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Plus, dari Fraksi Bintang Nasional Indonesia (BNI), dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP)- Plus, dari Fraksi Karya Indonesia Raya (KIR), dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) pada prinsipnya menerima APBD Tahun Anggaran 2022 namun ada beberapa catatan dimana untuk kedepannya meminta agar pemerintah terus mengoptimalkan langkah konkrit penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dengan melakukan penguatan pelaksanaan money follows program dengan memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dengan keluaran dan hasil yang diharapkan. Termasuk efisiensi dalam pencapaian hasil dan keluaran tersebut yang tetap melakukan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spesial, serta mengacu kepada indikator kinerja, standar biaya dan evaluasi kinerja.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Hasnidar didampingi Wakil ketua I, Syamsil Umri, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH yg didampingi Wakilnya melakukan penandatanganan persetujuan bersama tentang Rancangan Peraturan Daerah APBD Tahun Anggarah 2022 dengan total belanja daerah sebesar Rp. 931.138.458.931 triliun.

Sementara itu, dalam pidatonya, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Anambas atas keputusannya terhadap pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun 2022 menjadi Perda APBD 2022.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya pada Sidang Paripurna Terkait Laporan Badan Anggaran Tentang Ranperda APBD Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun Anggaran 2022, sekaligus pengambilan keputusan bersama. Bertempat di ruang paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Berbagai dinamika yang terjadi selama proses pembahasan telah kita lalui dengan semangat serta menjunjung nilai-nilai kebersamaan, sehingga penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2022 dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kami sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan yang terhormat selama pembahasan terutama dalam mempertajam target-target program dan kegiatan yang telah direncanakan,” ucap Abdul Haris.

Lebih lanjut, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH ini juga mengajak pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat Anambas untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang akan kita laksanakan, bersama kita kawal dan kita evaluasi demi mencapai tujuan bernegara dan memberikan yang terbaik bagi daerah.(mk/edo)

Print Friendly, PDF & Email