Basarnas Natuna Survei 3 Gedung Pemda Kepulauan Anambas untuk Pos SAR

Tim SAR saat survei Lokasi di Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Natuna, Komandan Manca didampingi staf kecamatan dan BPBD, melakukan survei tempat atau gedung Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) di Letung, Kecamatan Jemaja yang kedepannya akan di buka Unit Siaga Search And Rescue (SAR) dan kemudian nantinya akan ditempati oleh personil Basarnas, Selasa (30/11/2021).

Manca menjelaskan, dari survei tersebut ada 3 tempat yang mereka lihat, kegiatan survei tersebut didampingi perwakilan dari Pemda yaitu BPBD & pihak kecamatan.

“Dari ketiga gedung tersebut kita akan kaji dan akan dipilih salah satu yang terbaik fasilitas maupun akses transportasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Natuna Mexianus Behabel,S.Sos, M.Si, mengatakan, dengan dibentuknya unit siaga SAR ini adalah untuk mempercepat respon time, apabila ada kecelakaan ataupun bencana di perairan Letung dan memperkuat pengambilan Flight Information Regional (FIR) oleh Indonesia.

“Kalau gedung sudah ada, kita akan segera kirim personil dan peralatan pendukung operasional dari Natuna pada Januari 2022 mendatang,” katanya.

Kepala Basarnas Natuna juga mengucapkan terimakasih kepada Pemda Kabupaten Kepulauan Anambas atas kerjasamanya dan berharap semoga semakin solid di wilayah kepulauan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih dan berharap sinergi Basarnas, TNI, Polri, SKPD terkait dengan baik dalam penyelenggaraan pelayanan SAR untuk masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Azman salah satu anggota HNSI KKA cabang Jemaja, mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung pos SAR di Kepulauan Anambas tepatnya di pulau Jemaja dan berharap semoga secepatnya bisa berdiri, karena akan sangat berguna bagi masyarakat nantinya.

“Alhamdulillah hari ini tim SAR sudah melakukan peninjauan lokasi untuk pos SAR di pulau Jemaja tepatnya di Letung, dan harapan saya semoga cepat terealisasi pos SAR di pulau Jemaja karena sangat membantu dan kami para nelayan sangat mendukung pos SAR berada di pulau Jemaja,” katanya. (mk/darwin).

Print Friendly, PDF & Email