OPINI | Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Waslun. S.Pd

Kurikulum diistilahkan seperti sebuah konnsep dalam pelajaran yang disusun dengan rapi agar memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran serta untuk mencapai target yang diinginkan.

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan.

Dalam Islam, konsep kurikulum bermakna manhaj yaitu jalan terang yang dilalui oleh pendidik dan anak didiknya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka. Kurikulum pendidikan Islam adalah bahan-bahan pendidikan Islam berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam.

Belakangan ini kita banyak merasakan bahwa nilai-nilai Pendidikan, serta adab-adab sudah mulai lemah terhadap peserta didik, apalagi di tahun ini kita di landa covid 19, sehingga sekolah harus diliburkan beberapa bulan, dengan menerapkan belajar dari rumah, sekarang anak-anak sudah mulai lebih akrab dengan HP nya di bandingkan dengan temannya, sudah asik dengan berbagai game onlinenya, sehingga sistem Pendidikan banyak mengalami kendala- kendala yang sulit yang berimbas kepada peserta didik, untuk mengembalikan semua yang telah dilewati oleh peserta didik.

Seharusnya semua guru-guru sudah harus mulai memikirkan bagaimana caranya supaya kurikulum Pendidikan islam ini harus dijalankan di setiap satuan Pendidikan, agar target dan tujuan dari pada mendidik itu tersampaikan, baik itu disekolah umum maupun sekolah yang berbasis keislaman, sudah saatnya Pendidikan Indonesia bangkit dengan anak-anak yang berkarakter dan berakhlak yang baik, serta taat kepada ALLAH SWT, dengan berhasilnya sistem pendidkan seperti ini yang dijalankan diseluruh Indonesia, maka yakinlah 10 tahun ataupun 20 tahun yang akan datang, kita akan merasakan dampak dari berhasilnya pendidkan tersebut.

Karena yang akan memimpin Indonesia ini dimasa depan adalah anak-anak yang kita didik inilah yang akan menduduki tempat
-tempat jabatan yang ada di pemerintahan, jika bagus kurikulum yang kita gunakan maka akan baikpula hasilnya di kemudian hari, begitu pula sebaliknya, jika semua tenaga pendidik tidak mengambil perhatian atau ikut menyukseskan kurikulum ini maka kita lihat saja apa yang akan terjadi pada Indonesia akan datang.

Sebuah Lembaga Pendidikan mulai dari jenjang TK hingga perguruan tinggi seharusnya memperhatikan betul mengenai masalah kurikulum ini, apalagi mengenai kurikulum berbasis Pendidikan islam,
Lembaga Pendidikan atau sekolah pasti akan di minati banyak kalangan dari calon peserta didik baru yang ingin mencari sekolah untuk putra putri mereka, Orang tua akan tenang menyekolahkan anak-anak mereka ke Lembaga Pendidikan yang baik lingkungan agamanya.

Karna segala bentuk kegiatan ibadah dan adab-adab islami akan di biasakan disekolah, Mulai dari anak-anak datang kesekolah diwaktu pagi sampai anak-anak pulang diwaktu sorenya, sehingga anak-anak akan mulai terbiasa dengan adab-adab yang dilakukan di sekolah serta bisa menerapkannya di rumah.

Kurikulum pendidikan Islam ini berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja diberikan kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam. Atau dengan kata lain kurikulum pendidikan Islam adalah semua aktivitas, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja diberikan oleh pendidik kepada peserta didik dalam rangka tujuan pendidikan Islam.

Dengan adanya kurikulum Pendidikan islam yang bagus maka Pendidikan karakter terhadap peserta didik akan bagus pula. ***

Oleh Waslun. S.Pd. (Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang)

Print Friendly, PDF & Email