DPD PJI Kabupaten Pelalawan Masa Bakti 2021-2026 Resmi Dilantik

Suasana pelantikan di Balai Seminai Pangkalan Kerinci. (F;ist)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Jurnalistik Indonesia (DPD-PJI) Kabupaten Pelalawan, periode 2021-2026 resmi dilantik oleh Ketua DPW PJI Provinsi Riau Dr. Abdullah Qayyum,NM.

Pelantikan sekaligus pengukuhan tersebut berlangsung di Balai Seminai Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Kamis (4/11/2021).

Dalam acara tersebut, turut hadir Bupati Kabupaten Pelalawan H. Zukri Misran,SE, Kasubag Humas Polres Pelalawan Iptu Edi Haryanto mewakili Kapolres Pelalawan, perwakilan Kepala Kejari Pelalawan, perwakilan Kepala Pengadilan Negeri Pelalwan, unsur Forkopimda Kabupaten Pelalawan, Kepala Diskominfo Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan,AP, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan Drs.Syafrudin,M.Si dan Dirut BUMD PD.Tuah Sekata Tengku Efrisyah Putra.

Kemudian, Ketua DPW PJI Provinsi Riau Dr. Abdullah Qayyum,NM mewakili Ketua DPP PJI Basynursyah yang didampingi oleh Sekretaris DPW PJI Provinsi Riau MHD Nasir. Ada pula insan pers dari organisasi yang ada di Kabupaten Pelalawan, seperti PWI, PPWI, IPJI, IWO dan ATAP.

Adapun struktur kepengurusan organisasi DPD PJI Kabupaten Pelalawan yang dilantik tersebut, sebagai berikut:

KSB dan Wakil:
1. Dien Puga : Ketua
2. Marlon Situmorang : Wakil Ketua
3. Cahyo Ariadi : Sekretaris
4. Ria Rahmadani : Wakil Sekretaris
5. Duliater Sirait : Bendahara
6. Arisman Halawa : Wakil Bendahara

Kompartemen Organisasi dan Anggota:
1. Budi Handoko : Ketua
2. Romi Antoni : Wakil
3. Munawir Saputra : Anggota
4. Edison Siringoringo : Anggota
5. Zulfan Nasution : Anggota
6. Arizal : Anggota
7. Herman Waruwu : Anggota
8. Juniar Diansah Lubis : Anggota
9. Sari’i : Anggota
10. Ishak : Anggota

Kompartmen Pendidikan dan Pelatihan:
1. Arizal : Ketua
2. Julianton Andohar Maruba Sinaga : Wakil
3. Rudi Hartoni : Anggota
4. Ernita : Anggota
5. Lisa Ratna Sari : Anggota
6. Haswati Hasanah : Anggota
7. Wahyu Trinanda Puteri : Anggota
8. Hotman Sudianto : Anggota
9. M.Arifi : Anggota

Kompartemen Advokasi dan Perlindungan Anggota:
1. Ilhamdi,SH,MH
2. Said Sarifudin Alqudsy,SH,MH
3. Yunusul Khairi,SH,M.Kn

Kompartemen Litbang dan Pemantauan:
1. Redi Gulo : Ketua
2. Adri Bahkri : Wakil
3. Yetiaro Laia : Anggota
4. Andi Saputra : Anggota
5. Sakti : Anggota
6. Zulfan Nasution : Anggota
7. Purnama Tri Rizky : Anggota
8. Afwan : Anggota
9. Syahrudin : Anggota

Dewan Pelindung :
1. Kapolres Pelalawan

Dewan Pembina :
1. Hendri Gunawan,AP

Dewan Penasehat :
1. Eka Putra,S.Sos
2. Baharudin,SH
3. Firman Zalukhu,S.Sos,S.Pd

Dalam sambutannya, Ketua DPD PJI Kabupaten Pelalawan Dien Puga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang berkenan hadir. Terlebih lagi kepada Bupati H. Zukri yang menyempatkan diri untuk datang dan melantik mereka.

“Terimakasih untuk para tamu undangan dan rekan-rekan pers yang hadir dalam pelantikan kami ini, dan terimakasih banyak juga kami sampaikan kepada Bupati H. Zukri yang bersedia hadir dan melantik kami,” kata Puga.

Menurut Dien Puga, walaupun banyak organisasi yang ada di Indonesia namun tujuannya tetap sama.

“Begitu banyak wadah-wadah organisasi yang lahir di Indonesia, namun tetap satu tujuan, yaitu memberikan informasi yang baik kepada masyarakat. Begitu juga peran kami (PJI) di Kabupaten Pelalawan maupun di Indonesia,” terangnya.

Ditengah sambutannya, tidak lupa Dien Puga mengingatkan kepada seluruh wartawan yang tergabung dalam wadah yang ia pimpin itu untuk melakukan yang terbaik dalam bertugas serta berkontribusi membantu pemerintah memajukan Kabupaten Pelalawan.

“Mari kita bersinergi, mari kita berikan yang terbaik dan berikan berita yang berimbang kepada masyarakat. Mari kita kawal kinerja pak bupati kita serta seluruh unsur pimpinan tinggi yang ada di Kabupaten Pelalawan menuju Pelalawan Maju,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPD PJI Kabupaten Pelalawan juga meminta perhatian Bupati Kabupaten Pelalawan, dengan tujuan untuk melakukan pemerataan bagi seluruh wartawan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Mohon maaf sebelumnya kepada bapak bupati, janganlah ada anggapan anak tiri anak kandung,” pungkasnya.

Kemudian, Ketua DPW PJI Provinsi Riau Dr. Abdullah Qayyum,NM, mengucapkan selamat kepada pengurus DPD PJI Kabupaten Pelalawan yang baru saja dilantik. Ia berharap agar seluruh wartawan yang tergabung di dalamnya dapat menjalankan tugas jurnalistik dengan baik.

“Selamat kepada pengurus DPD PJI yang baru saja dilantik. Untuk para wartawannya, laksakanlah tugas jurnalistik dengan baik dan jadilah corong informasi yang baik dan berimbang antara masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan Kabupaten Pelalawan,” ucap Dr. Abdullah Qayyum,NM sembari berharap.

Sementara, Bupati H. Zukri Misran,SE dalam arahannya menyampaikan bahwa pemerintah berharap besar kepada seluruh organisasi pers yang ada di Kabupaten Pelalawan, termasuk DPD PJI Kabupaten Pelalawan. Hal itu dikarenakan pembangunan daerah harus dilakukan dengan cara bergandengan bersama.

“Kami apresiasi dan ucapkan tahniah untuk pelantikan ini. Pemerintah tentu berharap besar dengan PJI, karena memang negeri (Kabupaten Pelalawan) ini harus dibangun bersama-sama. Negeri ini harus dibangun dengan penuh sinergisitas dan kolaborasi. Baik itu PJI dan semua organisasi pers yang ada di Kabupaten Pelalawan, karena wartawan memberikan kontribusi besar dalam mengantarkan arah negeri dan bangsa ini,” katanya.

Menurut Bupati Pelalawan itu, wartawan juga memiliki peran besar dalam mencerdaskan anak bangsa melalui karya tulis yang baik, berimbang dan mendidik.

“Wartawan bisa ikut berperan besar dalam mencerdaskan anak bangsa. tergantung melihat topik pemberitaan apa yang diberikan,” jelasnya.

Bupati yang akrab dipanggil dengan sebutan Bang Kri itu menegaskan bahwa dibawah kepemimpinannya bersama H. Nasarudin,SH,MH, pemerintah tidak anti dengan kritik.

“Bagi kami Pemerintah Kabupaten Pelalawan, tentu kami bukan pemerintah yang anti kritik. Artinya, teman-teman pers pun boleh mengkritik kami. Saya pun bisa dikritik, karena kritik adalah bagian evaluasi bersama,” ucapnya menegaskan.

Kendati demikian, menurut Zukri ada kategori kritikan yang dibutuhkan. Bukan kritikan yang semata-mata hanya menekankan kesalahan.

“Yang diharapkan adalah kritikan yang konsumtif. Kritikan yang tentunya bagaimana membawa perubahan, bukan kritikan yang mengumbar kebencian, bukan kritikan yang semuanya salah dan tidak ada yang benar,” harapnya.

“Boleh saja teman-teman media mengkritik dan menyampaikan jika ada kebijakan yang perlu dievaluasi pemerintah, tapi disisi lain juga sampaikan kebijakan-kebijakan positif yang dilakukan pemerintah. Tidak fair cuma karena nila setitik, habis (rusak) susu sebelanga,” ujarnya.

Terkait perhatian yang diminta oleh Ketua DPD PJI Kabupaten Pelalawan, bupati mengaku bahwa ia tidak mengabaikan itu. Zukri bersama wakilnya juga memikirkan bagaimana memperhatikan kesejahteraan wartawan yang ada di Kabupaten Pelalawan secara jangka panjang.

“Selaku pemimpin di Kabupaten Pelalawan, saya bukan cuma mendorong teman-teman media melahirkan berita yang berimbang, konsumtif dan edukatif, tapi kami juga berfikir bagaimana kedepan secara ‘long time’ pemerintah memperhatikan kesejahteraan teman-teman wartawan,” sebutnya.

Oleh karena itu, ia juga menuturkan bahwa telah melakukan uji coba dengan menyarankan secara ‘long time’ bagaimana jika mengelola hutan-hutan, tempat konservasi dan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Saya sampaikan, kalau perlu teman-teman wartawan buat koperasi, lalu kita ajukan dan kelola agar memperoleh manfaat untuk kesejahteraan wartawan. Tapi bukan untuk kepemilikan, hanya untuk pemanfaatan sekaligus membantu pemerintah menuju PELALAWAN SEJUK,” pungkas bupati menjelaskan upaya Pemdakab Pelalawan dibawah kepemimpinan H. Zukri-H. Nasarudin dalam memperhatikan kesejahteraan wartawan.

Pelantikan DPD PJI Kabupaten Pelalawan berlangsung dengan lancar hingga akhir dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (mk/Abdul)

Print Friendly, PDF & Email