UMRAH Lakukan Sosialisai di Natuna, Faisal: Semoga Menambah Semangat Belajar Siswa

Suasana sosialisasi.(F:ist)

NATUNA (marwahkepri.com) – Mengingatnya keterbatasan informasi yang diterima oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Natuna, maka Disdik Natuna melalui Sekretaris Disdik Natuna, menyambut baik kegiatan sosialisasi terkait Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Dengan harapan, kepada siswa khususnya kelas 3 dapat menambahkan semangat belajar dan melanjutkan sekolah kepada tingkat lebih tinggi,” pinta Sekretaris Disdik Natuna, Muhammad Faisal.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan di SMAN 1 Bunguran Timur, SMAN 2 Bunguran Timur dan SMAN 1 Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (13/10/2021).

Staf Bidang Kemahasiswaan, Denny Erfanosa, mengatakan melalui KIP kuliah ini, maka pemerintah berupaya memerdekakan generasi muda untuk meraih mimpinya.

Selain itu juga mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya dan mencapai taraf SDM anak bangsa yang lebih baik.

Paparan secara teknis juga disampaikan oleh Yogi Hartanto, S. IP, selaku staf kemahasiswaan yang fokus pada bidang beasiswa UMRAH.

“Calon mahasiswa tidak perlu ragu untuk memilih program studi unggulan yang ada, karena di UMRAH sendiri memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa yang kurang mampu dengan harapan kualitas SDM putra putri meningkat,” kata Yogi.

KIP Kuliah sebelumnya hingga tahun 2019, masih bernama Beasiswa Bidikmisi, telah mengubah nilai skema KIP berdasarkan tingkatan akreditasi program studi. Untuk program studi dengan akreditasi B mendapatkan biaya pendidikan sejumlah Rp. 4 juta dan prodi C sejumlah Rp. 2,4 juta.

“Selain itu penerima KIP kuliah juga mendapatkan biaya hidup yang telah ditetapkan dengan sistem klaster oleh kementerian. Untuk UMRAH sendiri berada di klaster dua sejumlah Rp. 950 ribu perbulan x 6 bulan yang akan diterima oleh mahasiswa pada tiap semester,” terangnya.

Ketentuan tersebut tentunya berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yogi menambahkan, untuk penerima manfaat beasiswa KIP kuliah ini pada tahun 2021 sejumlah 479 orang, jika ditotalkan seluruh mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi on going, KIPkuliah on going dan afirmasi pendidikan sejumlah 1.603 orang mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut sambung Yogi, terkait program beasiswa KIP Kuliah menurutnya silahkan mengunjungi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id, serta informasi terkait kehidupan Kampus UMRAH silahkan mengunjungi http://www.umrah.ac.id.

Pada kesempatan itu diinisiasi oleh, Denny Erfanosa, S.Pd dan Yogi Hartanto, S. IP selaku staf Biro Akademik.(mk/zani)

Print Friendly, PDF & Email