Dukung Pengembangan Kawasan Durian di Bintan, Ratusan Bibit Diserahkan kepada Kelompok Tani

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan bibit durian kepada salah satu perwakilan keompok tani.(F:ist)

BINTAN (marwahkepri.com) – Kepulauan Riau memiliki letak geografis yang strategis dan sangat mendukung kegiatan ekspor komoditas ke berbagai negara melalui jalur laut. Adapun salah satu potensi ekspor yang bisa dilakukan oleh masyarakat Kepri adalah hasil pertanian.

“Kepri dari segi ekonomi membawa kontribusi positif bagi pendapatan asli daerah dan juga pendapatan negara ditengah kondisi COVID-19 ini,” ujar Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad saat penyerahan bantuan bibit durian kepada kelompok tani di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Rabu (6/10/2021).

Gubernur mengatakan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Pemprov Kepri memiliki program kegiatan berupa memperbanyak benih batang komoditas durian guna mendukung kegiatan pengembangan kawasan durian di Kabupaten Bintan.

“Bintan adalah salah satu kabupaten penyangga untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah di Provinsi Kepri, Bintan dalam satu hari bisa menghasilkan sayur dan buah sebanyak 80 ton,” katanya.

Kepulauan Riau sendiri termasuk dalam salah satu dari 17 pintu ekspor komoditas pertanian. Maka, sektor pertanian hadir ditengah-tengah kelesuan sektor industri dan pariwisata yang selama ini dinilai paling berkontribusi bagi daerah.

“Pemerintah pusat punya program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Makanya saya minta dinas pertanian, kita mulai mengidentifikasi produk-produk pertanian unggulan yang ada di Kepri, agar bisa kita kembangkan,” harapnya.

Dalam pengembangan kampung buah durian tidak hanya dapat memberdayakan kelompok-kelompok tani tapi sekaligus dapat dijadikan wisata agro/agrowisata di Kabupaten Bintan.

“Hari ini kita harus berorientasi investasi masa depan, dengan pola-pola kawasan dan kalau nanti pariwisata dan ekonomi mulai pulih agro wisata akan dibutuhkan bagi wisatawan,” katanya.

Kedepan, Pemprov Kepri dan kabupaten/kota harus ada program sinergitas supaya kegiatan serupa bisa disinergikan.

“Saya kira keberhasilan Kepri, tergantung berhasilnya kabupaten dan kota. Maka, koordinasi dan komunikasi bersama supaya program-program kita berjalan lancar,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Plt Bupati Bintan Robby Kurniawan, Pj. Sekda Lamidi, Sekda Bintan Adi Prihantara, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Rika Azmi, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan dan Suyono, Kadis Pertanian Bintan Chairul, Kadis Kominfo Kab Bintan Aufa Samake, Camat Taopaya Nepi Purwanto berserta kelompok tani.(mk/hum)

Print Friendly, PDF & Email